logo


Beli Minyak, Indonesia Kerjasama Dengan 5 Negara Ini

Keempat negara tersebut tergabung dalam Organization of the Petroleum Exporting Countries

9 Juni 2015 13:18 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Indonesia menjalin kerjasama pembelian minyak mentah dan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan sejumlah negara yang tergabung dalam Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC). Negara tersebut antara lain Arab Saudi, Irak, Iran, Quait dan Alzajair .

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmaja mengungkapkan, bahwa negara tersebut sangat antusias dengan kerjasama yang ditawarkan oleh Indonesia. Terlebih jika bentuknya langsung NOC to NOC (Nasional Oil Company).

"Kita bekerjasama dengan Arab Saudi, Irak, Iran, Kuwait terus sama Aljazair. Mereka sangat antusias. Kalau nanti NOC to NOC mereka senang sekali," ungkap Wiratmaja kepada wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (9/6).


ENI Jajaki Pengembangan Kilang Ramah Lingkungan

Saat ini, Wirat menjelaskan, target pembelian sedang dalam proses. Indonesia melalui Kementerian ESDM telah menyepakati join committe yang akan membuat kedua belah pihak lebih sering bertemu. "Sebulan sekali atau 2 minggu sekali. Komite ini lah yang nanti akan merumuskan," tukasnya.

Kerjasama ini, menurut Wiratmaja, tentu akan menguntungkan kedua belah pihak. Pasalnya, Iran saja memproduksi minyak 4 juta barel per hari, sementara konsumsinya hanya 1.5 juta barel per hari. Sehingga minyak yang berlebih di Iran tersebut dapat dimanfaatkan Indonesia untuk memenuhi kebutuhan minyak nasional.

"Misalnya Iran aja produksi dia kan 4 juta barel. Dia hanya pakai 1,5 juta. Tentang mana yang memberikan term in condition paling bagus mana yang berikan diskon paling besar mana yang jangka waktu paling bagus nanti akan kita kirim. Nah tugas join committe nanti untuk atur itu," tutup Wirat.

WOWS Jadi Primadona, Praktisi Migas: Kepastian Mendapatkan Minyaknya Lebih Tinggi

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Deni Muhtarudin