logo


Gibran Umumkan 4 Proyek Pembangunan di Solo, Begini Rekayasa Lalu Lintasnya

Warga Solo dan sekitarnya perlu mencermati rekayasa lalu lintas selama proyek berlangsung.

4 September 2022 13:46 WIB

Gibran selaku inspektur upacara memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-77 di Stadion Sriwedari Solo, Rabu (17/8).
Gibran selaku inspektur upacara memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-77 di Stadion Sriwedari Solo, Rabu (17/8). Dok. Prokompim Pemkot Solo

SOLO, JITUNEWS.COM – Kota Solo tengah gencar dalam membangun infrastruktur. Setidaknya ada empat proyek fasilitas umum yang sedang digarap.

"Perhatian kepada seluruh warga Solo maupun bagi warga luar kota yang ingin melintasi beberapa titik di Kota Solo, terdapat pengerjaan proyek pembangunan di lokasi-lokasi tertentu," ujar Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dalam keterangan tertulisnya, dikutip Minggu (4/9).

Adapun sejumlah proyek beserta rekayasa lalu lintas yang diumumkan oleh Gibran meliputi:


Gibran Sigap Respons Aduan Warga, Jalan Dr Radjiman Segera Diperbaiki

1. Penggantian Jembatan Jurug B

Penggantian Jembatan B yang berada di tengah atas Kali Bengawan Solo, kawasan Jurug, akan dilakukan pada 18 September—5 Agustus 2023.

Dalam proses penggantian jembatan tersebut, yang difungsikan hanya jembatan A dan C. Selain itu, pengalihan arus kendaraan kecil dapat melalui Ring Road, dan bulan Desember sudah dapat dialihkan ke Jembatan Mojo. Untuk kendaraan berat, wajib masuk tol Kebakkramat.

2. Viaduct Gilingan

Proses peninggian dan pelebaran Viaduct Gilingan berlangsung hingga April 2023. Viaduct ini termasuk pada rangkaian proyek strategis nasional (PSN) pembangunan rel layang (elevated rail) Kereta Api (KA) Simpang Joglo.

Selama proyek berlangsung, ruas Jalan Ahmad Yani segmen Simpang Ngemplak-Simpang Gilingan ditutup. Kendati begitu, warga sekitar masih bisa masuk sampai batas area kerja.

Pengalihan arus dari barat: Jalan Ahmad Yani - Simpang Gilingan - Jalan S. Parman - Simpang Proliman Balapan - Jalan Monginsidi - Simpang Ringin Semar dan berlaku sebaliknya.

3. Simpang Joglo

Pembangunan rel layang Simpang Joglo dilaksanakan pada Agustus 2022-Februari 2023.

Di masa pengerjaan, Jalan Solo-Purwodadi segmen Simpang Joglo sampai Simpang Sekip menjadi satu arah ke utara. Jalan Kerinci dan Jalan Raya Bromo menjadi jalur alternatif untuk kendaraan ke arah selatan.

Kendaraan berat golongan 3, 4, & 5 dari arah Purwodadi menuju Solo wajib lewat tol Gondangrejo & keluar di gerbang Tol Ngemplak.

Sementara itu, bus Solo-Purwodadi keberangkatan dari Solo masih dapat melewati Simpang Palang Joglo (rute eksisting), akan tetapi untuk rute sebaliknya harus menggunakan tol.

4. Penggantian Jembatan Mojo

Penutupan jembatan dilakukan pada 20 September-30 November 2022. Penggantian jembatan ini bersamaan dengan dibangunnya Jembatan B Jurug. Arus kendaraan bakal dialihkan ke jembatan Jurug dan jembatan Bacem Sukoharjo.

Warga Solo Ngadu Kehilangan Helm Mahal, Respons Gibran Diluar Dugaan

Halaman: 
Penulis : Iskandar