logo


Program SAP: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengoperasikan, dan Contohnya

Apa itu program SAP dalam dunia bisnis? Ketahui pengertian, manfaat, cara mengoperasikan, dan contohnya untuk digunakan dalam perusahaan.

1 September 2022 08:07 WIB

Bekerja dengan laptop
Bekerja dengan laptop ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - SAP adalah suatu software yang memiliki kompleksitas yang sangat tinggi untuk operasional. Program SAP juga dapat digunakan untuk berbagai jenis kegunaan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

SAP terdiri dari berbagai macam program maupun sub-program. Software SAP disebut juga dengan kode terstruktur yang disajikan dalam bahasa pemrograman ABAP.

Bahasa inilah yang bertugas memantau aktivitas komputer dalam melakukan transaksi bisnis atau berbagai analisis lainnya.


Terlalu Bergantung pada Pasokan Chip Taiwan, Ekonomi AS Dalam Bahaya

Pengertian Program SAP

SAP adalah akronim dari System Application and Product in Data Processing. Secara umum, SAP merupakan suatu perangkat lunak berbasis ERP atau Enterprise Resources Planning.

Perangkat lunak ini digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk melakukan manajemen aktivitas dari bisnis yang digeluti.

Program SAP mampu menjalankan aneka fungsi yang berbeda karena memiliki banyak komponen utama atau program berupa modul.

Masing-masing modul mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, tergantung perintah yang diberikan oleh pengelolanya.

Secara umum, jenis modul yang tersedia di software SAP adalah human resources, modul logistic, dan modul finance. Setiap modul masih memiliki sub-modul lain yang jumlahnya sangat banyak.

Apabila setiap modul dikerjakan secara manual, hal ini akan menguras banyak tenaga, waktu, dan biaya. Oleh karena itu, efisiensi tidak akan bisa dicapai jika manajemen hanya dilakukan dengan tenaga manusia.

Seluruh modul yang tersedia di dalam software SAP saling terhubung atau terintegrasi. Selanjutnya, modul ini akan menyajikan data yang akurat kepada penggunanya.

Berbagai data tersebut nantinya akan diambil dan dikelola di dalam database perusahaan. Selanjutnya, digunakan untuk menjalankan roda operasional dengan metode yang lebih efektif dalam praktik sehari-hari.

Isi dari berbagai modul di dalam program SAP ialah instruksi terstruktur yang penulisannya menerapkan bahasa pemrograman SAP yang juga dikenal dengan sebutan ABAP.

ABAP bertugas untuk mengontrol perilaku dari komputer yang telah diinstal software SAP, sehingga mampu merekam gerak bisnis dan melakukan berbagai fungsi analisis.

Ketika program SAP dioperasikan, maka akan muncul beberapa fungsi khusus, seperti fungsi di bidang procurement, sales order, warehouse management, dan masih banyak lagi.

Siapa yang Memakai Software SAP?

SAP adalah software yang tergolong mahal, sehingga tidak heran jika umumnya dibeli oleh industri atau perusahaan. Hal ini karena fungsi utama software SAP ialah mekanisasi proses bisnis.

Itulah mengapa software SAP sangat jarang digunakan untuk PC pribadi. Bahkan, tidak semua perusahaan memerlukan program SAP.

Mayoritas perusahaan kecil maupun menengah menganggap bahwa fungsi yang ditawarkan SAP terlalu canggih untuk kebutuhan bisnis mereka.

Ada berbagai alternatif yang lebih terjangkau dan sederhana jika dibandingkan software SAP. Alternatif tersebut lebih cocok digunakan untuk perusahaan yang belum mempunyai anggaran besar untuk memperkuat sistem IT.

Kekuatan program SAP bisa lebih maksimal jika sistem ini dipakai untuk perusahaan multinasional. Oleh karena itu, tidak heran jika SAP diterapkan di hampir seluruh perusahaan raksasa global karena menawarkan skalabilitas yang sangat canggih.

Cara Mengoperasikan Program SAP

Perlu diketahui bahwa tidak semua orang dapat mengoperasikan SAP karena programnya yang cukup rumit dan kompleks.

Umumnya, perusahaan menyewa konsultan SAP untuk menanamkan program SAP beserta memberikan pelatihan kepada karyawan.

SAP terdiri dari beberapa level dan seluruh pekerjaan SAP dilakukan melalui GUI atau Graphical User Interface. GUI menghadirkan aneka tampilan bagi para pengguna.

Mereka dapat menginput data ataupun membaca berbagai informasi yang diperoleh dari database. Mengikuti beberapa kali pelatihan sangat diperlukan agar tidak ada hal yang dibingungkan.

Itulah mengapa seorang konsultan SAP harus memiliki keterampilan yang tinggi dan memperkaya pengalaman dalam mengoperasikan SAP.

Manfaat Menggunakan SAP

Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan jika menerapkan SAP dalam perusahaan. Beragam manfaat yang bisa diperoleh yaitu:

1.   Manajemen Data Lebih Efisien

Manfaat memakai SAP yang pertama yaitu untuk mengatur data secara efisien. Setiap perusahaan ataupun organisasi pasti sepakat bahwa menyimpan seluruh data di media yang aman sangat penting dilakukan.

SAP akan mengumpulkan seluruh data pada suatu tempat dan mengelolanya dengan baik, sehingga mudah dibuka kembali jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

2.   Bisnis Menjadi Lebih Efisien

SAP memperkenalkan teknologi yang lebih cerdas dan canggih untuk mengumpulkan banyak data dan mengisi database dengan efisien. Program SAP tidak hanya memudahkan operasional bisnis, namun juga memberikan efisiensi yang lebih optimal.

3.   Keamanan Data Meningkat

Manfaat memakai SAP yang selanjutnya adalah meningkatkan keamanan data perusahaan. Sistem ini dapat meningkatkan kualitas beserta akurasi data.

Tidak hanya itu, SAP juga mampu memberikan proteksi yang lebih baik dengan memakai firewall beserta internal security system.

4.   Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

Dikarenakan kebutuhan setiap perusahaan berbeda, maka perancangan SAP harus disesuaikan dengan masing-masing sistem. Hal ini tentunya juga harus mempertimbangkan keperluan departemen maupun operasional.

Meskipun demikian, program SAP cukup fleksibel dan serbaguna, sehingga setiap karyawan dapat mengaksesnya dengan mudah.

Hal ini bisa diatur karena terdapat berbagai modul untuk setiap divisi perusahaan. Contohnya seperti, divisi penjualan, sirkulasi, administrasi, akuntansi, dan lain-lain.

5.   Mempercepat Pertumbuhan Bisnis

Informasi atau data yang dihasilkan software SAP bersifat detail, akurat dan real-time. Hal ini membuat perusahaan mampu meng-update informasi dengan berbagai kondisi terkini di perusahaan.

Hal ini tentunya sangat memudahkan perusahaan untuk mengambil keputusan, sehingga lebih objektif dan tepat sasaran.

Dampak yang ditimbulkan yaitu perusahaan mampu tumbuh dengan lebih cepat dan progresif dibanding perusahaan kompetitor yang tidak menerapkan SAP.

6.   Bisnis Lebih Konsisten

Software SAP sangat membantu untuk meminimalisir berbagai kesalahan atau human error. Jadi, software ini dapat membantu perusahaan untuk mengendalikan operasional dengan konsisten dan sesuai SOP yang berlaku.

7.   Bisnis Lebih Berkualitas

Manfaat program SAP yang selanjutnya adalah membuat bisnis lebih berkualitas. Hal ini dapat terwujud karena software SAP hanya akan menghadirkan informasi yang akurat dari setiap aspek.

Apalagi, data atau informasi ini bersifat real time, sehingga kualitas bisnis dari perusahaan bisa lebih meningkat dengan cepat.

8.   Data Perusahaan Lebih Mudah Dikelola

Jika menggunakan program SAP, maka setiap modul akan saling terintegrasi, sehingga membuat data-data di perusahaan akan jauh lebih mudah diorganisir.

Saat ada satu modul yang berubah, maka modul yang lainnya akan mampu menyesuaikan datanya dengan otomatis.

Teknologi mutakhir inilah yang menjadikan SAP sangat bermanfaat dari sei real time processing untuk beragam jenis bisnis besar yang mempunyai banyak data yang terlalu rumit jika dikerjakan manual.

Tentunya, manfaat ini memungkinkan bisnis Anda menghasilkan laporan yang akurat dalam durasi yang singkat.

9.   Transparansi Data

Manfaat SAP yang berikutnya adalah memungkinkan terjadinya transparansi data perusahaan. Hal ini karena setiap karyawan yang terlibat dalam pengelolaan data tersebut dapat memantau seluruh data yang diolah.

Saat terjadi suatu perubahan kecil, maka setiap karyawan juga akan mengetahui siapa saja yang menambah atau mengurangi data tersebut.

10.  Efisiensi Monitoring

Keuntungan program SAP yang selanjutnya yaitu meningkatkan efisiensi dalam kegiatan monitoring. Perusahaan bisa memantau seluruh kegiatan divisi dengan hanya satu alat yang telah saling terintegrasi.

Dengan banyaknya divisi yang berbeda tentu kegiatan monitoring akan berjalan lebih efisien dan tidak akan menyita banyak waktu. Keuntungan inilah yang harus dipertimbangkan dalam memasang software SAP.

11.  Meningkatkan Pelayanan Konsumen

Dengan memakai SAP, maka perusahaan dapat memperoleh banyak data secara lengkap, dari mulai pra-produksi sampai pasca produksi. Hal ini tentunya akan memberikan informasi yang konkret dalam merespon permintaan konsumen.

Tidak hanya itu, data-data yang terkumpul juga bisa dimanfaatkan dalam menyikapi tren pasar dan persaingan bisnis yang ada. Oleh karena itu, Anda berkesempatan untuk tetap mempertahankan keunggulan dan mengoptimalkan layanan konsumen dengan lebih baik lagi.

Implementasi Program SAP

Berikut adalah contoh implementasi program SAP di perusahaan dan industri:

1.   Manajemen Gudang

Contoh implementasi program SAP yang pertama yaitu untuk manajemen gudang. Dengan penerapan software ini, maka manajer gudang akan lebih terbantu karena segala kebutuhan pengelolaan gudang terpenuhi.

Bahkan, beberapa opsi manajemen gudang juga dapat dikembangkan, seperti manajemen produksi, pemrosesan, penyimpanan, dan operasional.

2.   Mengelola Hubungan dengan Pelanggan

Siapa sangka jika program SAP dapat diimplementasikan untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Hal ini tidak mengherankan, mengingat SAP menyediakan sistem manajemen relasi pelanggan.

Fitur ini yang memungkinkan seorang profesional CRM untuk mengotomatisasi dan mengintegrasikan berbagai aktivitas pelanggan, seperti layanan pelanggan, penjualan, pemasaran, perdagangan, dan lainnya.

3.   Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah suatu hal yang sangat penting dalam menunjang jalannya roda bisnis. Dengan menggunakan SAP, maka segala alat yang diperlukan dalam mendukung kinerja SDM bisa lebih dioptimalkan.

Seorang Profesional HR bisa memperoleh data tentang karyawan yang berasal dari software SAP. Data tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan apakah HR akan menerima atau memberhentikan karyawan.

Tidak hanya itu, manajemen sumber daya manusia pada SAP juga bisa digunakan untuk mengelola personalia, organisasi, administrasi, pengembangan karyawan, pembagian gaji, dan manajemen waktu.

4.   Manajemen Proyek

Selain memberikan kemudahan dalam manajemen SDM, software SAP juga dapat diimplementasikan untuk manajemen proyek. Setiap perusahaan tentu memiliki proyek pekerjaan, baik skala kecil maupun besar.

SAP menghadirkan manajer proyek dengan berbagai alat yang dibutuhkan. Adapun manajemen proyek yang berkaitan dengan software SAP yakni seperti perencanaan, eksekusi, hingga proyek.

5.   Manajemen Keuangan dan Akuntansi

SAP juga bisa diimplementasikan untuk manajemen keuangan dan akuntansi. Hal ini karena software SAP menghadirkan rangkaian manajemen keuangan yang lengkap dan sistem akuntansi yang memadai.

Hal ini memberikan perusahaan suatu alat atau tools untuk melacak perputaran keuangan dalam periode tertentu.

Sistem manajemen finansial perusahaan mencakup perencanaan, analisis keuangan, akuntansi, utang piutang, manajemen pajak, dan pengelolaan kas.

Contoh Program SAP

Ada beberapa contoh program SAP yang bisa dijadikan opsi terbaik untuk digunakan di dalam perusahaan. Beberapa contoh program tersebut yaitu:

1.   Talenta by Mekari

Talenta by Mekari merupakan program SAP yang dirancang untuk memudahkan tugas-tugas HR dalam mengatur administrasi pegawai.

Beberapa fitur yang disediakan yakni evaluasi performa karyawan, pinjaman karyawan, pengajuan cuti, absensi online, distribusi gaji, dan lain-lain.

2.   Qontak by Mekari

Qontak by Mekari merupakan program yang dirancang untuk mengelola data konsumen secara detail dan akurat. Data-data tersebut bisa digunakan untuk mengoptimalkan layanan konsumen dan memaksimalkan kualitas produk demi kepuasan konsumen.

3.   Jurnal by Mekari

Software yang satu ini mempunyai berbagai fitur menarik yang memudahkan kegiatan bisnis, terutama dalam pengelolaan keuangan dan inventory.

Perangkat ini mampu meminimalisir kesalahan dan sangat mudah digunakan oleh pengguna. Program ini sangat cocok diimplementasikan dalam bisnis skala menengah maupun besar.

Usai menyimak pemaparan di atas, bisa disimpulkan bahwa menggunakan program SAP sangat penting untuk kemajuan dan perkembangan suatu bisnis.

Pastinya, menemukan program SAP yang tepat sesuai kebutuhan tidak akan sulit untuk dilakukan. Ada banyak modul menarik dari https://mekari.com yang bisa dipilih, dan pastinya tidak akan membuat Anda menyesal karena memilihnya!

 

Peran Marketplace dalam Kemajuan Toko Bangunan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati