•  

logo


Jokowi Sebut Papua Memiliki Kekuatan Sebagai Provinsi Olahraga

Jokowi melihat banyak talenta di bidang olahraga di Papua

31 Agustus 2022 11:13 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Twitter @jokowi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo menyebut melihat banyak talenta di bidang olahraga di Papua. Jokowi menyebut Papua ini memiliki kekuatan menjadi provinsi olahraga.

"Kita melihat talenta-talenta utamanya di bidang olahraga, Papua ini memiliki kekuatan sehingga wajar kalau kita sampaikan Papua sebagai provinsi olahraga. Karena bukan hanya sepakbola, ada atletik dan dayung dan yang lain-lainnya, semuanya ada," kata Jokowi dalam keterangan pers di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (31/8).

Jokowi minta dilakukan pembinaan terhadap para atlet dilakukan sejak dini. Jokowi mencontohkan Papua Football Academy. Jokowi mengatakan bahwa pelatih dan fasilitas olahraga sudah lebih dari cukup.


Soal Pro Kontra DOB, Jokowi: Papua Terlalu Luas Kalau Hanya 2 Provinsi

"Sehingga ini kalau dimulai pembinaannya sejak dini, seperti tadi di Papua Football Academy dimulai sejak umur 12 tahun, 13 tahun, mereka nanti akan bisa masuk U-14 masuk ke Y-16, U-19 dan masuk ke elite persepakbolaan di Indonesia maupun di dunia. tapi memang harus memang sejak dini, tanpa meninggalkan yang namanya pendidikan sekolah. Ini yang penting juga," ujar Jokowi.

"Saya kira coach yang mendampingi juga sangat baik, fasilitas untuk olahraganya, lapangannya sudah lebih dari cukup, sehingga kita hanya menunggu hasilnya. Dan saya ada hasilnya," imbuh Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa hasil dari Papua Football Academy akan terlihat dari jumlah atlet yang masuk di setiap jenjang timnas sepakbola.

"Nanti akan kelihatan berapa yang masuk ke kelas U-14, akan kelihatan. Seleksi lagi berapa yang bisa masuk ke U-19, berapa nanti yang bisa masuk ke elite sepakbola nasional. Akan kelihatan, sehingga muncul yang tadi saya sampaikan, muncul mungkin bisa lebih dari Pak Rully Nere, Yohanes Auri, Alexander Pulalo, Boaz Salossa, atau yang agak muda ke sini Ramai Rumakiek, Ricky Kambuaya, semuanya bisa mengejar kakak-kakak mereka tapi dengan kualitas yang jauh lebih baik karena memang disiapkan, kalau tadi kan dengan alami, yang ini disiapkan," jelas Jokowi.

Viral Warga Terima Amplop Kosong Saat Jokowi Kunker, Setpres: Ada Keselip 1

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata