logo


Premier League 2022/2023: Liverpool Hantam Bournemouth di Anfield 9 Gol Tanpa Balas

Kemenangan Liverpool 9-0 atas Bournemouth sekaligus menyamai rekor gol terbanyak Manchester United

28 Agustus 2022 08:55 WIB

Liverpool memenangi laga melawan Bournemouth di Anfield Stadium, Sabtu 27 Agustus 2022 malam WIB.
Liverpool memenangi laga melawan Bournemouth di Anfield Stadium, Sabtu 27 Agustus 2022 malam WIB. Twitter @LFC

JAKARTA, JITUNEWS.COM -- Liverpool menorehkan kemenangan perdana di ajang Premier League musim 2022/2023, usai mengalahkan Bournemouth 9 gol tanpa balas, pada pertandingan pekan keempat musim ini yang digelar di Anfield Stadium pada Sabtu 27 Agustus 2022 malam WIB.

Kemenangan pertama The Reds itu mengantarkan tim asuhan Jurgen Klopp ke peringkat delapan klamesen, dengan perolehan poin 5, yang merupakan hasil dari sekali menang, dua kali seri dan sekali kalah.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, The Reds langsung on fire sejak awal pertandingan dimulai. Hal itu bisa dibuktikan dari torehan gol tim berjuluk The Reds itu, yang sudah unggul 5-0 di babak pertama.


Liga Premier Tetap Dilanjutkan saat Inggris Lockdown, Klopp: Kami Bukan Bagian dari Masyarakat

Gol-gol itu tercipta melalui Luis Diaz, Harvey Elliott, Trent Alexander-Arnold, Roberto Firmino, dan Virgil van Dijk.

Empat gol tambahan tercipta di babak kedua, melalui gol bunuh diri Chris Mepham, gol kedua Firmino, Fabio Carvalho, dan gol kedua Luis Diaz.

Samai Torehan Rekor Manchester United

Kemenangan Liverpool 9 gol tanpa balas saat melawan Bournemouth di stadion Anfield, pada pertandingan pekan keempat Premier League musim 2022/2023 yang berlangsung pada Sabtu 27 Agustus 2022 malam WIB, menyamai rekor gol terbanyak Manchester United.

Kemenangan ini tak hanya menaikkan moral para pemain, namun juga membuat Liverpool masuk buku rekor bersama rival abadinya Manchester United.

Opta menyebut Liverpool adalah tim ketiga yang mampu menang 9-0, skor terbesar di Premier League, setelah Manchester United (2x) dan Leicester City.

Manchester United melakukannya ke gawang Ipswich Town dan Southampton. Sementara Leicester juga saat bertemu Southampton. Sejauh ini rekor kemenangan terbesar masih 9-0 yang muncul empat kali.

Liverpool juga menyamai rekor kemenangan terbesar mereka di divisi teratas, saat mengalahkan Crystal Palace dengan skor sama September 1989.

"Kami mencetak gol-gol indah. Meski laga sudah pasti dimenangi, tapi kami tetap bikin gol. Ini soal bagaimana mempertahankan momentum," ujar manajer Liverpool Juergen Klopp di BBC Sport, dikutip Minggu 28 Agustus 2022.

Jalannya Pertandingan

Bermain dihadap pendukungnya, Liverpool sangat agresif sejak menit awal. Hal itu terlihat dari terciptanya gol pertama, meski pertandingan baru berjalan 4 menit.

Adalah Luis Diaz yang mencatatkan namanya di papan skor, usai menanduk umpan silang Roberto Firmino yang mengecoh dua pemain lawan.

Gol itu sempat ditinjau VAR karena ada kemungkinan offside saat Firmino menerima bola, namun wasit kemudian memutuskan bahwa gol tersebut sah.

Selanjutnya giliran Harvey Elliott pada menit keenam, berhasil merobek gawang Bournemouth melalui sepakan keras ke pojok gawang Mark Travers.

Mohamed Salah hampir saja membuat gol pada menit ke-16, andaikan bola tembakannya dari jarak dekat tak melebar.

Nasib apes belum beranjak, ketika Mohamed Salah kembali gagal memaksimalkan peluang tiga menit kemudian, setelah tendangannya tendangannya dengan mudah bisa ditepis Travers.

Trent Alexander-Arnold ikut mencatatkan namanya di papan skor, sekaligus mengubah keunggulan Liverpool jadi 3-0 di menit ke-28. Umpan pendek Firmino diteruskan Trent dengan tendangan keras dari jarak 20 yard yang tak kuasa dihalau Travers.

Tiga menit berselang, giliran gol Firmino berhasil menembus gawang Travers, setelah sebelumnya mencetak tiga assist. Gol itu bermula saat crossing Salah membentur pemain lawan dan Firmino menghantam bola liar dengan sepakan voli ke gawang tim Travers.

Unggul 4-0 membuat Liverpool berada di atas angin, tapi gawang mereka nyaris bobol, andaikan sepakan Ryan Christie di menit ke-38 tak membentur tiang.

Liverpool menutup babak pertama dengan keunggulan 5-0 berkat tandukan Virgil van Dijk di menit ke-45, meneruskan sepak pojok Andrew Robertson.

Masuk di babak kedua, Liverpool enggan menurunkan tempo permainan demi mencari gol tambahan. Semenit babak kedua berjalan, Liverpool menambah keunggulan jadi 6-0 setelah Chris Mepham melakukan gol bunuh diri. Chris gagal menghalau bola crossing Trent dan malah bola masuk ke gawang sendiri.

Liverpool mencetak gol ketujuh di menit ke-62 yang berasal dari gol kedua Firmino di laga ini. Gol itu bermula saat Robertson mengirimkan crossing yang gagal disapu pertahanan Bournemouth. Bola lalu berhasil disambar Firmino.

Bola sempat ditepis Travers, namun Firmino dengan cepat menyambar bola rebound dan berhasil menambah keunggulan The Reds.

Salah yang belum sama sekali bikin gol, kembali membuang peluang emas di menit ke-74, saat menerima umpan lambung di depan gawang. Namun sepakan Salah masih melayang.

Fabio Carvalho ikut menorehkan nama di papan skor, saat di menit ke-81 berhasil memaksimalkan umpan Kostas Tsimikas melalui sepakan first time ke pojok gawang. Skor pun berubah menjadi 8-0.

Tiga menit berselang Liverpool membuat gol kesembilan saat Luis Diaz menanduk bola korner Tsimikas. Skor 9-0 menutup pertandingan Liverpool vs Bournemouth.

Susunan pemain

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Joe Gomez, Andrew Robertson (Kostas Tsimikas 69'); Fabinho, Jordan Henderson (Stefan Bajcetic 70'), Harvey Elliott (Fabio Carvalho 46'); Mohamed Salah, Roberto Firmino (James Milner 69'), Luis Diaz.

Bournemouth: Mark Travers; Jefferson Lerma, Chris Mepham, Marcos Senesi; Adam Smith (Dominic Solanke 46'), Ryan Christie (Philip Billing 46'), Lewis Cook, Jordan Zemura; Jaidon Anthony, Marcus Tavernier; Kieffer Moore.

Meski Menang, Jurgen Klopp Akui Tim Junior Aston Villa Lawan yang Sulit bagi The Reds

Halaman: 
Penulis : S. Nugroho