logo


Tips Sederhana Merawat Mobil bagi Newbie

Berikut beberapa tips sederhana dalam merawat mobil bagi pemula

27 Agustus 2022 20:11 WIB

classiccars.com

JAKARTA, JITUNEWS.CM - Setiap pemilik mobil tentunya harus mengetahui bagaimana cara merawat tunggangan kesayangan. Perawatan ini perlu dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan mobil terjaga dengan baik sehingga layak untuk digunakan. Berikut ini beberapa tips sederhana dalam merawat mobil.

1. Panaskan Mesin


Hadiri Mubes V FOSR, Wakil Wali Kota Solo Beri Pesan Penting

Tips pertama adalah anda harus secara rutin memanasi mesin mobil, terutama jika mobil tidak digunakan setiap hari. Lakukan hal ini setiap dua atau tiga hari sekali atau setidaknya sekali dalam seminggu. Mesin mobil yang jarang dinyalakan, apalagi jika mobil disimpan di garasi dengan suhu yang dingin, maka oli mesin akan mengendap terlalu lama atau bisa jadi membeku, sehingga akan ada bagian komponen yang tidak terlumasi dengan baik. Hal ini akan membuat mesin lebih cepat rusak.

2. Rutin Periksa Ban Mobil

Ban adalah salah satu komponen paling penting dari sebuah mobil. Selain mengurangi kenyamanan, kondisi ban yang kurang bagus juga akan berbahaya bagi keselamatan. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan ban dalam kondisi layak, termasuk dengan memeriksa tekanan angin, ketebalan ban dan alur atau kembangan ban.

3. Periksa Cairan Mobil

Bagian lain yang perlu diperiksa secara rutin adalah dengan cairan mobil, seperti air wiper, air radiator, dan minyak rem. Buka kap mesin dan periksa apakah jumlah cairan yang berada di dalam wadah masih sesuai dengan batas minimal. Pastikan juga tidak ada kebocoran yang terjadi.

4. Periksa Lampu-lampu

Anda juga perlu memeriksa apakah seluruh lampu mobil, seperti lampu depan, lampu belakang, stop lamp, dan lampu sein kiri-kanan, masih berfungsi dengan normal dan tidak ada yang mati. Selain sangat dibutuhkan saat berkendara di malam hari, lampu juga berfungsi memberikan tanda bagi kendaraan lain.

5. Bersihkan Karpet dan Lantai Mobil

Meski mobil jarang digunakan dan selalu tertutup rapat, namun pemilik juga wajib membersihkan mobil secara rutin, baik untuk eksterior maupun interiornya. Tujuannya adalah untuk menjaga higienitas. Periksalah kebersihan dashboard, jok kursi, hingga karpet dan lantai mobil. Pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal di dalam kabin karena kotoran tersebut dapat memicu pertumbuhan jamur dan menjadi sarang bakteri.

6. Rutin Ganti Oli

Langkah terakhir adalah memeriksa oli mesin. Oli mesin perlu diganti setiap 10 ribu kilometer atau setelah enam bulan sekali, tergantung mana yang lebih dulu dicapai.

5 Tips Bijak Menggunakan PayLater agar Tidak Kebablasan saat Belanja Online

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia