logo


Jokowi Bakal Umumkan Kenaikan Harga Pertalite, Ini Respon Ahok

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok buka suara terkait rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi.

24 Agustus 2022 04:30 WIB

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok instagram.com/basukibtp

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok buka suara terkait rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi.

Ahok tidak menjelaskan secara detail terkait hal itu. Ia justru mempersilahkan publik bertanya langsung kepada Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati.

"Bisa tanya ke dirut," ujarnya singkat seperti dikutip CNNIndonesia.com, Selasa (23/8/2022).


Soal Cacar Monyet, Jokowi: Kita Tidak Perlu Terlalu Panik

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo akan mengumumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dalam pekan ini. Pasalnya, subsidi yang dikeluarkan pemerintah melalui APBN telah membebankan negara.

"Menaikkan harga Pertalite yang kita subsidi cukup banyak dan juga itu solar, modeling ekonominya (hitung-hitungan) sudah dibuat. Nanti mungkin minggu depan Pak Presiden akan umumkan mengenai apa dan bagaimana mengenai kenaikan harga ini," ungkapnya dalam Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin yang disiarkan virtual, Jumat (19/8/2022).

"Presiden sudah indikasikan sudah tak mungkin kita pertahankan terus demikian," sambungnya.

Luhut menilai harga BBM di Indonesia merupakan yang termurah dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan.

"Kita ini harga BBM paling murah sekawasan ini, kita jauh lebih murah dari yang lain. Itu (subsidi BBM) terlalu besar kepada APBN kita," kata Luhut.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan berbagai alternatif untuk menghadapi hal itu. Masyarakat, kata dia, bisa beralih dari kendaraan berbasis BBM ke kendaraan listrik.

"Karena kemarin subsidi kita Rp 502 triliun, kita harap bisa ditekan ke bawah. Misalnya dengan pengurangan motor dan mobil combustion diganti listrik, kemudian B40," ucap dia.

Minta Pemerintah Realisasikan Target Lifting Minyak, PKS: Agar Tak Berpikir Terus Menaikkan BBM

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati