logo


Awas! Tidur Sore Bisa Sebabkan 5 Hal Buruk Ini

Tak semua waktu itu baik untuk tidur.

19 Agustus 2022 19:16 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap manusia. Sebab, tubuh perlu diistirahatkan untuk menghadapi hari-hari ke depan. Namun, tak semua waktu tidur itu baik.

Dilansir dari kesga.kemkes.go.id, tidur yang dianjurkan menurut agama, budaya dan medis adalah setelah Isya atau sekitar pukul 20.00 dan di sepanjang malam hingga waktu subuh atau pukul 04.00.

Tidur yang baik itu juga meliputi waktu siang hari antara jam 10.00 hingga jam 15.00. Selain waktu tersebut, tidur tidak dianjurkan karena bisa berdampak buruk.


4 Sumber Kekuatan Besar di One Piece, Salah Satunya Haki

Seperti kata psikolog eksperimental di Pusat Gangguan Tidur Kettering asal Amerika Serikat, Donna Arand, tidur antara pukul 4-6 sore sebaiknya dihindari.
Adapun dampak buruk tidur sore bagi kesehatan, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, berikut daftarnya:

Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan efek samping yang kerap dirasakan seseorang usai tidur sore. Kondisi tersebut bisa saja bertahan dalam waktu lama. Tentu sakit kepala ini bakal mengganggu aktivitas ke depannya.

Kesulitan Tidur di Malam Hari

Selain sakit kepala, tidur sore juga bisa menjadi penyebab sulitnya meraih tidur di malam hari. Padahal tidur di waktu tersebut sangat dianjurkan demi kebugaran tubuh keesokan harinya.

Tubuh Lemas

Selepas tidur sore, kemungkinan besar badan terasa lemas. Hal itu terjadi karena tubuh kekurangan oksigen.

Daya Ingat Berkurang

Tidur yang dimulai sore dan bangun di malam hari seringkali menimbulkan kebingungan. Perubahan waktu yang tidak disadari itu menjadi pemicunya. Tak ayal orang yang tidur sore bisa mengalami hilang ingatan sejenak.

Kolesterol Meningkat

Peningkatan kadar kolesterol adalah salah satu dampak buruk tidur sore. Sebab, metabolisme tubuh sedang berada di tingkat maksimal.

One Piece: 5 Fakta Shanks, Salah Satunya Pembunuh Kenbunshoku Haki

Halaman: 
Penulis : Iskandar