logo


Anak Ferdy Sambo di-Bully Hingga Alami Doxing, Achmad Rifai: Medsos Luar Biasa Menekan

Achmad Rifai mengatakan bahwa media sosial sangat menekan anak sulung Irjen Ferdy Sambo

19 Agustus 2022 10:00 WIB

Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo\\n
Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo CNNIndonesia.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengacara sekaligus produser film The Other Side, Achmad Rifai meminta semua pihak berhenti melakukan perundungan kepada anak Irjen Sambo. Ia mengatakan bahwa anak Sambo tidak berhak mempertanggungjawabkan perbuatan orang tuanya.

"Itu yang harus dihentikan. Orang yang tidak kena masalah dan tidak mempertanggungjawabkan perbuatan maka harus dijauhkan dari hukuman sosial termasuk bully," ujar Achmad Rifai seperti dilansir detikcom, Jumat (19/8/2022).

Achmad Rifai mengatakan bahwa media sosial sangat menekan anak sulung Irjen Ferdy Sambo. Selain di-bully, ia menyebut identitas hingga tempat kuliah anak Irjen Ferdy Sambo sempat beredar di internet hingga terjadi di doxing.


4 Rekening Brigadir J Diduga Dikuasai Sambo, Ada Transaksi Ratusan Juta Pasca Penembakan

"Media sosial sangat luar biasa menekan dan mempengaruhi sesuatu, ini sangat sering terjadi. Masyarakat harus bijak melihat kasus ini dan jangan asal mem-bully orang di kasus. Asas hukum harus sangat hati-hati," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyinggung peran Komnas HAM dalam kasus Irjen Ferdy Sambo. Ia meminta Komnas HAM mundur karena menurutnya pengawasan kasus itu merupakan wewenang Ombudsman.

"Yang wewenang pengawasan dalam penerapan hukum adalam Ombudsman, bukan Komnas HAM. Sepertinya Komnas HAM sudah saatnya mundur dari kasus Sambo ini karena kasusnya sudah terang dan jelas. Fungsinya untuk apa? Apa kasus pelecehan? Tidak ada kewenangan dan tidak bisa menuntut soal itu," pungkasnya.

Jadi Pengacara Tersangka Pembunuhan Brigadir J, Berapa Honor Febri Diansyah?

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati