logo


China Kecam Negosiasi Perdagangan AS-Taiwan

Pemerintah China menentang digelarnya proses negosiasi perdagangan antara AS dan Taiwan

18 Agustus 2022 16:30 WIB

Bendera China dan Amerika Serikat
Bendera China dan Amerika Serikat istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Perdagangan China pada hari Kamis (18/8) mengatakan bahwa Beijing "dengan tegas menentang" pembicaraan perdagangan antara Washington dan Taipei, yang akan diadakan di bawah naungan Inisiatif AS-Taiwan pada Perdagangan Abad ke-21.

Juru bicara kementerian, Shu Jueting, mengatakan kepada wartawan bahwa prinsip satu-China adalah prasyarat bagi Taiwan untuk berpartisipasi dalam kerja sama ekonomi luar negeri. Shu menambahkan bahwa Beijing menyerukan Washington untuk "menangani hubungan perdagangan dengan benar" dengan Taipei dan "menghormati kepentingan inti China".

Juru bicara itu menegaskan bahwa China akan melakukan yang terbaik untuk menjaga kedaulatan nasional, keamanan dan kepentingan pembangunannya.


Dubes China untuk Inggris: Kemerdekaan Taiwan Berarti Perang

Pernyataan itu muncul setelah Kantor Perwakilan Dagang AS (USTR) menyatakan bahwa Washington dan Taipei telah “mencapai konsensus tentang mandat negosiasi” untuk inisiatif perdagangan bilateral guna meningkatkan hubungan ekonomi.

USTR mengatakan bahwa putaran pertama pembicaraan yang berkaitan dengan Inisiatif AS-Taiwan tentang Perdagangan Abad ke-21 diperkirakan akan berlangsung awal musim gugur ini.

"Negosiasi akan memperdalam hubungan perdagangan dan investasi kita, memajukan prioritas perdagangan bersama berdasarkan nilai-nilai bersama, dan mempromosikan inovasi dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif bagi pekerja dan bisnis kita,” kata pernyataan USTR, dikutip Sputniknews.

Taiwan-AS Sepakat Tingkatkan Hubungan Perdagangan Bilateral

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia