logo


Taiwan-AS Sepakat Tingkatkan Hubungan Perdagangan Bilateral

USTR mengatakan bahwa putaran pertama pembicaraan yang berkaitan dengan Inisiatif AS-Taiwan tentang Perdagangan Abad ke-21 diperkirakan akan berlangsung awal musim gugur ini

18 Agustus 2022 16:15 WIB

Bendera Taiwan dan AS
Bendera Taiwan dan AS AFP

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kantor Perwakilan Dagang Amerika Serikat (USTR) menyatakan bahwa Washington dan Taipei telah sepakat untuk melakukan negosiasi terkait inisiatif perdagangan bilateral guna meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu (17/8), USTR mengatakan bahwa putaran pertama pembicaraan yang berkaitan dengan Inisiatif AS-Taiwan tentang Perdagangan Abad ke-21 diperkirakan akan berlangsung awal musim gugur ini.

"Negosiasi akan memperdalam hubungan perdagangan dan investasi kita, memajukan prioritas perdagangan bersama berdasarkan nilai-nilai bersama, dan mempromosikan inovasi dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif bagi pekerja dan bisnis kita,” kata pernyataan itu, dikutip Sputniknews.


Putin Sebut Kunjungan Ketua DPR AS ke Taiwan sebagai Tindak Provokasi, Begini Respon China

Wakil Perwakilan Dagang Amerika Serikat Sarah Bianchi mengatakan kepada wartawan bahwa USTR berencana untuk mengejar “jadwal ambisius untuk mencapai komitmen berstandar tinggi dan hasil yang berarti yang mencakup sebelas bidang perdagangan dalam mandat negosiasi yang akan membantu membangun yang lebih adil, lebih sejahtera dan tangguh. ekonomi abad ke-21.”

Sementara itu, Kantor Negosiasi Perdagangan Taiwan juga menyuarakan harapan bahwa promosi perdagangan pertanian Taipei dan rencana untuk membantu usaha kecil dan menengah memasuki pasar AS akan menambah penguatan ekonomi pulau itu.

Lembaga itu menambahkan bahwa Taipei juga berusaha untuk meningkatkan kepercayaan investor internasional di Taiwan, dan membantu pulau itu "menarik dana dan teknologi dari AS dan dunia".

“Kedua belah pihak telah menunjukkan ambisi tingkat tinggi dan berharap untuk mencapai hasil nyata sesegera mungkin dan menandatangani perjanjian perdagangan,” kata lembaga Taiwan itu.

Dubes China untuk Inggris: Kemerdekaan Taiwan Berarti Perang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia