logo


Soal PDIP Gabung Koalisi, PKB: Terserah kepada Pak Prabowo dan Gus Muhaimin

Jazilul mengatakan bahwa komunikasi dengan PDIP terus dilakukan

18 Agustus 2022 14:24 WIB

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid Fraksipkb

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menyebut PDIP membuka kemungkinan jalin kerja sama politik dengan partai politik yang mengusung Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, menyebut parpol yang akan bergabung koalisi Gerindra-PKB adalah urusan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Ketum Gerindra, Prabowo Subianto.

"Kalau kita bicara koalisi terserah kepada Pak Prabowo dan Gus Muhaimin. Itu aja. Kan itu, kalau berpegang dan menyepakati dan menjalankan hasil koalisi. Ya datanglah ke situ, nggak usah datang ke PKB dan ke Gerindra," kata Jazilul kepada wartawan di kompleks parlemen, Kamis (18/8).

Jazilul mengatakan bahwa komunikasi dengan PDIP terus dilakukan. Namun, Jazilul tidak tahu pola komunikasi PDIP jika ingin bergabung ke koalisi.


Soal Isu Jokowi 'Endorse' Prabowo, Gerindra: Mudah-mudahan Begitu

"Kalau komunikasi kan terus (dengan PDIP). Tapi pola masuknya (ke koalisi Gerindra-PKB) kayak apa, saya nggak tahu. Karena di poin nomor 4 (dalam piagam deklarasi koalisi) mestinya lapor Pak Muhaimin, lapor Pak Prabowo. Beres sudah," ujar Jazilul.

"Karena partai sudah memberikan ke dua-duanya. PKB memberikan mandat ke Pak Muhaimin, Gerindra memberikan mandat ke Pak Prabowo. Koalisi memberikan mandat kepada dua nama itu," lanjutnya.

Sebelumnya, Hasto bicara soal kemungkinan berkoalisi dengan parpol yang mengusung Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

"Ya tidak hanya dengan Gerindra, PKB, PPP kemudian dengan Golkar dan pendeknya dengan seluruh partai politik yang mengusung Pak Jokowi, kan di antara para ketua umum sering bertemu bersama dengan Pak Presiden dengan Ma'ruf Amin, kami sering berdialog," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Rabu (17/8).

Gerindra: Kami Akan Bertemu dengan PDIP

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata