logo


Dukung Pengusutan Kasus Penembakan Kucing di Sesko TNI, Golkar: Di Ranah Militer Belum Ada Normanya

Bobby mengatakan bahwa norma hukum terkait penganiaayaan hewan ada di masyarakat sipil

18 Agustus 2022 09:31 WIB

Anggota Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi
Anggota Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi mendukung pengusutan kasus penembakan kucing-kucing di area Sesko TNI Bandung. Ia mengatakan bahwa penganiayaan terhadap hewan terdapat ancaman pidana.

"Ya memang setuju untuk diusut karena memang ada hukumnya, yaitu di pasal 302 KUHP dan pasal 66 UU 41/2014 perubahan UU 18/2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan, dan PP 95 tahun 2012 tentang kesejahteraan masyarakat veteriner dan kesejahteraan hewan, di mana melakukan penganiayaan pada kucing/anjing ada ancaman pidana penjara dan sanksi administrasi," kata Bobby kepada wartawan, Rabu (17/8/2022).

Bobby mengatakan bahwa norma hukum terkait penganiaayaan hewan ada di masyarakat sipil. Oleh karena itu, ia menyerahkan hal itu kepada peradilan militer.


Sesalkan Anggota Paspampres Pukul Sopir Truk di Solo, Moeldoko: Prajurit Jangan Mudah Emosi

"Ya di masyarakat umum kan ada norma hukum di atas, tapi di ranah militer rasanya belum ada norma tersebut, jadi kebijaksanaan saja," ujarnya.

"Anggota TNI aktif kan di pengadilan militer, di pasal 1 (13) UU TNI, yang melakukan tindakan pidana diadili di peradilan militer," sambung dia.

Viral Kucing-kucing Ditembak di Sesko TNI, Politisi PKB: Kalau Pelakunya Tentara Sanski Tegas!

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati