logo


Jokowi Singgung Megakorupsi yang Dibongkar, MAKI: KPK Terpuruk di Masa Pemerintahan Sekarang

Presiden Joko Widodo menyebut tiga megakorupsi berhasil dibongkar.

18 Agustus 2022 09:09 WIB

Boyamin Saiman
Boyamin Saiman Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo menyebut tiga megakorupsi berhasil dibongkar. Tiga megakorupsi yang dimaksud adalah kasus korupsi di Jiwasraya, Asabri, dan Garuda. Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) menyinggung soal KPK.

"Ini baru sebatas pidato menurut saya karena belum ada hal-hal yang signifikan. Bahwa Kejaksaan kemudian hebat, ya sudah sewajarnya karena dia bagian dari pemerintahan, dia sepanjang mau kerja ya pasti banyak prestasi yang dia torehkan, tapi ini bahwa semangat pemberantasan korupsi itu kan tentang lembaga yang independen yaitu di KPK," kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman kepada wartawan, Rabu (17/8).

Boyamin menyebut setelah revisi UU KPK survei citra KPK semakin menurun. Menurutnya, revisi undang undang melemahkan KPK.


Ferdy Sambo Dilaporkan Terkait Dugaan Suap, KPK: Kami Akan Tindak Lanjuti

"Kalau sebatas pidato belum menunjukkan komitmen kuat, karena apapun kemarin telah terjadi perubahan UU KPK yang terkenal dengan revisi UU Nomor 19 Tahun 2019 dan itu kemudian melemahkan KPK yang sampai titik ini survei makin menurun dan itu yang harus diakui," jelasnya.

Boyamin menyebut bahwa KPK terpuruk di masa pemerintahan sekarang. Menurutnya, hal itu perlu dibenahi dan diperkuat lagi.

"Nah KPK terpuruk di masa pemerintahan sekarang ini ya itu yang perlu dibenahi ke depannya. Lebih diperkuat lagi, semakin independen, semakin hebat," kata Boyamin.

Jokowi Wanti-wanti soal Politisasi Agama, KSP: Kompetisi Politik Tak Seharusnya Halalkan Segala Cara

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata