logo


Heboh Teriakan Papua Merdeka Saat Lyodra Nyanyi di HUT RI, Ngabalin: Adik Kita Sudah Paten Itu

Ngabalin sebut pekikan 'Merdeka' yang diteriakan Lyodra merupakan pembangkit semangat nasionalisme bangsa

18 Agustus 2022 04:13 WIB

Ali Mochtar Ngabalin
Ali Mochtar Ngabalin twitter.com/alingabalinew

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Beredar potongan video yang memperlihatkan Lyodra Margareta Ginting menyanyi lagu daerah di rangkain upacara kenegaraan HUT ke-77 RI, Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Dalam potongan video tersebut, Lyodra meneriakan kata 'Papua' dan 'Merdeka'. Namun sayangnya, netizen mengartikan berbeda soal teriakan Papua dan Merdeka.

Sementara itu, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menegaskan bahwa Lyodra tidak menyerukan Papua Merdeka sebagaimana yang ditafsirkan oleh netizen. Ia menyebut ada jeda saat Lyodra meneriakan kata Papua dan Merdeka.


Sentil HRS Soal Darurat Kebohongan, Ngabalin: Apa Layak Habaib Keluarkan Statement Seperti Itu?

"Papua provinsi kita di timur Indonesia. Ada spasi (setelah kata Papua), baru 'Merdeka'," kata Ngabalin seperti dilansir CNNIndonesia.com, Rabu (17/8/2022).

Ia mengatakan bahwa pekikan 'Merdeka' yang diteriakan Lyodra merupakan pembangkit semangat nasionalisme bangsa. Kata yang juga diteriakan oleh pendiri bangsa saat memperoleh kemerdekaan.

Lebih lanjut, ia meyakini netizen paham dengan teriakan Lyodra saat menyanyi lagu daerah Papua di perayaan HUT ke-77 RI.

"Adik kita sudah paten itu. Kawan-kawan netizen banyak yang paham kok dan sudah selesai urusan ini," ujarnya.

Pondok Milik Abu Bakar Ba'asyir Bakal Upacara HUT RI, Pengasuh: Harapannya Ada Perubahan Image

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati