logo


Lebih dari Satu Dekade Terputus, Turki-Israel Sepakat Normalisasi Hubungan Diplomatik

Pemerintah Turki dan Israel sepakat untuk menormalisasi hubungan diplomatik setelah sempat terputus selama hampir 12 tahun

17 Agustus 2022 21:30 WIB

Bendera Israel dan Turki
Bendera Israel dan Turki Sputniknews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah Israel dan Turki telah memutuskan untuk meningkatkan tingkat hubungan kedua negara dan memulihkan hubungan diplomatik setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Yair Lapid. Menurut pemerintah Israel, kedua negara sepakat untuk saling mengirim duta besar dan konsul jenderal mereka.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu telah mengkonfirmasi laporan tersebut dan mengatakan bahwa kedua negara telah memulihkan hubungan setelah Ankara dan Tel Aviv terlibat pertengkaran diplomatik besar pada tahun 2010 yang mendorong pemutusan hubungan diplomatik bilateral.

"Keputusan telah dibuat untuk menunjuk seorang duta besar di Israel, dan pihak Israel juga telah memberikan tanggapan positif dalam hal ini," kata Cavusoglu saat konferensi pers, dikutip Sputniknews.


Korut Kembali Tembakkan Dua Rudal Jelajah ke Laut Kuning

Ia menambahkan bahwa keputusan untuk meningkatkan tingkat hubungan diplomatik dengan Israel, bukan berarti jika Ankara akan berhenti mendukung perjuangan Palestina.

Cavusoglu mengumumkan upaya untuk memulihkan hubungan diplomatik tingkat tinggi dengan Israel pada 23 Juni 2022 setelah pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Israel pada saat itu, Yair Lapid.

Pada kesempatan itu, Lapid juga mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah Turki karena menggagalkan serangan teroris terhadap warga Israel yang tinggal di atau mengunjungi Turki.

"Nyawa warga Israel telah diselamatkan berkat kerja sama keamanan dan diplomatik antara Israel dan Turki," kata Lapid.

Dubes China Sebut Joe Biden Restui Ketua DPR AS Berkunjung ke Taiwan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia