logo


Korut Kembali Tembakkan Dua Rudal Jelajah ke Laut Kuning

Korea Utara dilaporkan kembali menggelar uji coba peluncuran rudal pada Rabu (17/8)

17 Agustus 2022 20:25 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi NPR

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Korea Utara dikabarkan kembali menembakkan dua unit rudal jelajahnya ke arah Laut Kuning pada Rabu (17/8). Menurut seorang pejabat militer Korea Selatan, peluncuran rudal tersebut dilakukan sebagai bagian dari uji coba.

"Pagi ini, Korea Utara meluncurkan dua rudal jelajah menuju Laut Kuning dari provinsi Pyongan Selatan," kata seorang pejabat militer Korea Selatan yang tidak disebut namanya kepada kantor berita Yonhap.

Pada tanggal 15 Agustus, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengatakan bahwa Seoul siap untuk memfasilitasi pengembangan sektor ekonomi, energi, perdagangan dan pertanian Korea Utara dan menggunakan inisiatif investasi internasional jika Pyongyang memulai proses denuklirisasi yang nyata.


Zelensky Didesak Ijinkan Warga Pria Ukraina Pergi ke Luar Negeri

"Rencana tersebut diharapkan menjadi program pangan skala besar, bantuan dalam membangun infrastruktur industri, transmisi dan distribusi pasokan listrik, serta modernisasi pelabuhan dan bandara untuk mengatur perdagangan internasional," kata presiden Korsel, dikutip Sputniknews.

Sejak akhir 2017, Pyongyang telah mempertahankan moratorium sukarela pada uji coba nuklir dan peluncuran sistem rudal balistik antarbenua (ICBM). Namun, pada bulan Januari 2022, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memutuskan untuk berhenti mematuhi moratorium tersebut dan memulai kembali "semua kegiatan yang ditangguhkan sementara" karena apa yang dia gambarkan sebagai kebijakan bermusuhan di pihak Amerika Serikat.

Sejumlah Negara Barat Ingin Ukraina Menyerah kepada Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia