logo


Warsawa Desak Ukraina Akui Lakukan Genosida terhadap Etnis Polandia

Wakil Menteri Kebudayaan dan Warisan Nasional Polandia Jaroslaw Sellin mengatakan bahwa pemerintah Ukraina cepat atau lambat harus mengaku telah melakukan genosida terhadap etnis Polandia selama PD II

17 Agustus 2022 15:00 WIB

Bendera Ukraina
Bendera Ukraina istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Menteri Kebudayaan dan Warisan Nasional Polandia Jaroslaw Sellin pada hari Selasa (16/8) mengatakan bahwa pembunuhan massal orang Polandia oleh nasionalis Ukraina selama Perang Dunia Kedua memenuhi definisi genosida dan cepat atau lambat pemerintah di Kiev harus mengakui hal ini.

“Mereka harus mengakuinya karena itu fakta. Ini adalah fakta. Sebuah keputusan politik dibuat dan dilaksanakan untuk pembersihan etnis, pemusnahan seluruh minoritas nasional yang telah tinggal di sana selama berabad-abad,” kata Sellin dalam sebuah wawancara dengan Kantor Pers Polandia (PAP).

“Ini genosida, cocok dengan semua parameter definisi genosida, jadi tidak ada diskusi di sini. Ini adalah fakta sejarah. Cepat atau lambat, Ukraina harus mengakuinya,” tambahnya.


Peringati HUT ke-77 RI, Warga Sawahan Jogja Serukan Pentingnya Toleransi dan Persatuan

Sementara itu, pakar sejarah Polandia mengatakan bahwa sedikitnya 100.000 hingga 130.000 etnis Polandia dibantai oleh Tentara Pemberontak Ukraina (UPA) Stepan Bandera selama Perang Dunia II.

Pada 2016, parlemen di Warsawa mengadopsi resolusi yang menetapkan 11 Juli sebagai hari untuk memperingati genosida tersebut, mengacu pada tanggal di mana UPA menyerang 150 kota Polandia di Volhynia dan Galicia Timur. Parlemen di Kiev menanggapi resolusi itu dengan kecaman dan menyebutnya sebagai tindakan yang kontraproduktif.

"Kami sedang menunggu proposal personel dari pihak Ukraina," kata Sellin.

Sikap AS dalam Konflik Ukraina Bisa Tingkatkan Resiko Terjadinya Perang Nuklir dengan Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia