logo


Apresiasi Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera, Kemendagri: Semakin Menebalkan Nilai Nasionalisme

Kemendagri menyambut positif antusiasme Pemprov DKI Jakarta dalam menyukseskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

15 Agustus 2022 15:32 WIB

Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar saat apel akbar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022)
Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar saat apel akbar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022) Dok. Puspen Kemendagri

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar menyambut positif antusiasme Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam menyukseskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih. Apresiasi itu disampaikannya usai Pemprov DKI Jakarta membagikan secara simbolis bendera merah putih kepada sejumlah pihak saat apel akbar yang berlangsung di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022).

"Terima kasih kepada masyarakat DKI Jakarta yang telah mendukung gerakan ini. Semoga dengan adanya gerakan ini dapat semakin menebalkan nilai nasionalisme dan merekatkan bangsa ini. Merah putih sebagai simbol, pertanda negara merdeka dan berdaulat. Di antara banyak bendera, ada satu bendera yang kita sucikan dan sakralkan, di situlah kesamaan kita sebagai bangsa," ujar Bahtiar.

Adapun dalam apel akbar tersebut, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyerahkan secara simbolis bendera merah putih kepada Resimen Mahasiswa Jayakarta, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi DKI Jakarta, dan perwakilan organisasi masyarakat.


Viral Dokumen Susi Pudjiastuti Jadi Bungkus Gorengan, PKS Sebut Kemendagri Harus Berbenah Diri

Dalam sambutannya, Riza Patria menjelaskan, gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme dalam menjaga berbagai perbedaan yang merupakan anugerah dari Tuhan.

"Kita tahu kita punya perbedaan suku, bangsa, bahasa, agama, adat istiadat. Tapi itu sebuah anugerah, sebuah kekuatan yang harus kita jaga dan kita rawat. Landasan kita adalah persatuan, persaudaraan. Apel ini memastikan kita semua kompak dan bersatu untuk kompak melawan ancaman dan menghadapi tantangan untuk memajukan bangsa," tandas Riza.

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang diinisiasi Kemendagri ini berlangsung sepanjang Agustus 2022. Hingga saat ini, gerakan tersebut telah diikuti oleh hampir seluruh provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia. Selain pemerintah daerah (Pemda), Kemendagri juga mendorong semua unsur masyarakat untuk dapat bergabung dan membagikan bendera merah putih di lingkungan sekitarnya.

Penulis: Hasan Alhabsy

Soal Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat Nonaktif, Ini Kata Kemendagri

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata