logo


Penuhi Syarat Jadi JC, LPSK: Bharada E Pelaku Tindak Pidana dengan Peran Minor

Bharada E memenuhi syarat untuk mendapat perlindungan LPSK sebagai JC

15 Agustus 2022 15:05 WIB

Bharada E
Bharada E detik.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tersangka kasus pembunuhan Brigadir J, Bharada Ricard Eliezer atau Bharada E memenuhi syarat untuk mendapat perlindungan LPSK sebagai justice collaborator (JC).

"Bharada E memang memenuhi syarat sebagai justice collaborator," kata Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo di kantor LPSK, Senin (15/8).

Hasto mengatakan bahwa Bharada E adalah pelaku tindak pidana dengan peran minor karena diperintah dari atasannya.


Deolipa Tuntut Rp15 T, Kuasa Hukum Baru Bharada E: Tidak Ada Perjanjian

"Menurut catatan kami memang Bharada E ini adalah pelaku tindak pidana tetapi dengan peran minor karena dia mendapatkan perintah dari atasannya. Bahkan keterlibatannya di dalam perencanaan dan sebagainya itu masih kita dalami apakah yang bersangkutan memang menjadi mastermind atau bagaimana tapi yang jelas kami melihat peran yang bersangkutan ini kecil," jelasnya.

Hasto mengatakan bahwa Bharada E memenuhi syarat menjadi JC karena bukan pelaku utama dan bersedia memberikan informasi kepada penegak hukum terkait kasus kematian Brigadir J.

"Yang kedua, yang bersangkutan menyatakan kesediaannya untuk memberikan informasi kepada penegak hukum tentang berbagai fakta berbagai kejadian di mana dia terlibat sebagai pelaku tindak pidana," sambung Hasto.

Hasto mengatakan bahwa Bharada E bersedia mengungkap siapa saja yang memiliki peran dalam kasus ini.

"Dia bersedia untuk mengungkap bahkan pada orang-orang yang mempunyai peran jauh lebih besar, ketimbang dia atau atasannya di dalam tindak pidana ini," ujar Hasto.

Sebut Putri Candrawati Kejam, Bibi Brigadir J: Perbuatanmu Akan Menuai Badai buat Keluargamu!

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata