logo


Estonia dan Finlandia Bakal Blokir Laut Baltik untuk Angkatan Laut Rusia

Menhan Estonia mengatakan bahwa Estonia dan Finlandia bakal merubah Laut Baltik menjadi laut internal NATO

14 Agustus 2022 19:45 WIB

Kapal Perang Rusia
Kapal Perang Rusia DW

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Estonia dan Finlandia telah membahas integrasi baterai rudal pantai yang akan memungkinkan kedua negara tersebut untuk memblokade Angkatan Laut Rusia di Teluk Finlandia. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pertahanan Estonia Hanno Pevkur pada hari Jumat (12/8).

"Ini akan mengubah Laut Baltik menjadi laut internal NATO,” katanya kepada surat kabar Finlandia Iltalehti, menggemakan komentar yang dibuat sebelumnya oleh para pemimpin Polandia dan Lituania.

Finlandia sendiri saat ini telah mengajukan permohonan untuk bergabung dengan NATO yang merupakan blok militer pimpinan AS.


Ini yang Akan Terjadi Jika AS Nyatakan Rusia sebagai Negara Pendukung Terorisme

“Kita perlu mengintegrasikan pertahanan pesisir kita. Jangkauan terbang rudal Estonia dan Finlandia lebih besar dari lebar Teluk Finlandia,” tambahnya.

Untuk diketahui, rudal pantai MTO85M Finlandia memiliki jangkauan lebih dari 100 kilometer. Sementara Teluk Finlandia berjarak sekitar 82 kilometer dari Helsinki ke Tallinn. Selain itu, Estonia juga berencana untuk membeli rudal Blue Spear Israel akhir tahun ini, yang memiliki jangkauan hampir 300 kilometer.

“Laut Baltik akan menjadi laut internal NATO ketika Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO. Dibandingkan dengan saat ini, situasinya sudah berubah,” kata Pevkur, seraya menambahkan bahwa kedua negara kemudian dapat menutup laut untuk Angkatan Laut Rusia jika perlu.

Hungaria Dapat Tambahan Pasokan Gas dari Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia