logo


Hadiri Bagholek Godang Festival 2022, Gus Halim: Festival Ini Bisa Jadi Pelestarian Budaya Kampar

karnaval budaya ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun Provinsi Riau dan Kemerdekaan Indonesia pada bulan Agustus.

13 Agustus 2022 19:28 WIB

Mendes PDTT,  Abdul Halim Iskandar memakan sirih
Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar memakan sirih Istimewa

RIAU, JITUNEWS.COM – Ribuan warga Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau tumpah ruah di jalanan antusias menyaksikan Bagholek Godang Festival.

Diketahui Bagholek Godang Festival merupakan budaya warisan leluhur Masyarakat Kampar. Kegiatan tahunan ini digelar dalam rangka mempertahankan adat istiadat dan budaya di tengah gempuran zaman.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar berkesempatan menghadiri sekaligus menutup Bagholek Godang Festival 2022, di Lapangan Merdeka Bengkinang, Kabupaten Kampar pada Jumat (12/8/2022).


Mendes PDTT Ajak Media Publikasikan Perkembangan Pembangunan Desa

Pria yang akrab disapa Gus Halim ini mengaku senang dapat hadir dalam Bagholek Godang Festival 2022.

Menurutnya, festivalseperti ini adalahbagian untuk menjadikanbudayasebagaikekayaanlokal serta kekuatanwargadalammembangundesa, dan membangunKampar yang lebih baik.

“Saya bersyukur pada malam hari ini bisa hadir dalam acara yang sangat luar biasa yang digelar di Kabupaten Kampar. Sukses untuk warga masyarakat Kabupaten Kampar, bahagia dan sejahtera,” ujar peraih gelar Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

Gus Halim juga menilai, warga masyarakat Kampar sangat luar biasa, terutama di dalam mempertahankan budaya dan tradisi.

“Tadi ada tarian Lasuang yang luar biasa, yang sudah mulai punah dan sekarang dibangkitkan kembali,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Gus Halim berharap Bagholek Godang Festival 2022 ini bisa jadi wadah dalam pelestarian budaya Kampar. Selain itu memberi dampak peningkatan ekonomi, serta kemajuan bagi warga Kampar.

“Saya sangat mengapresiasi seluruh warga masyarakat Kampar, Bupati Kampar, pimpinan-pimpinan adat Kampar yang terus berupaya untuk mempertahankan adat budaya di Kampar,” tandasnya.

Bernama Bagholek Godang, karnaval budaya ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun Provinsi Riau dan Kemerdekaan Indonesia pada bulan Agustus.

Gus Halim: 15 Provinsi Bebas Desa Sangat Tertinggal

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar