logo


Apresiasi Pembubaran Satgassus Pimpinan Ferdy Sambo, PPP: Seperti Bareskrim Kedua

PPP sebut Satgassus yang dipimpin Ferdy Sambo terkesan overlapping atau tumpang tindih dengan kebijakan di satuan kerja Polri.

13 Agustus 2022 07:39 WIB

Arsul Sani
Arsul Sani Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi III DPR RI fraksi PPP, Arsul Sani mengapresiasi keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah membubarkan Satuan Tugas Khusus (Satgassus) pimpinan Irjen Ferdy Sambo.

"Dalam pandangan saya, langkah Kapolri membubarkan Satgassus yang ada itu sudah tepat. Satgassus itu kan memang telah cenderung menjadi permanen, sifatnya bukan lagi ad hoc dan hanya buat satu tugas spesifik saja," kata Arsul kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Arsul menilai keputusan Kapolri membubarkan Satgassus tersebut merupakan kebijakan yang korektif. Ia menyebut Satgassus pimpinan Sambo seperti Bareskrim kedua. Pasalnya, Satgassus tersebut terkesan overlapping atau tumpang tindih dengan kebijakan di satuan kerja Polri.


Sebut Brigadir J Disiksa di Paminal Mabes Polri: Pengacara: Untuk Dapat Pengakuan

"Ia sudah menjadi semacam shadow permanent working unit sehingga menimbulkan kesan overlapping dengan satker Polri karena punya tupoksi yang beririsan, misalnya Satgassus juga menangani kejahatan atau tindak pidana tertentu, nah ini kan jadi seperti Bareskrim kedua. Jadi sudah tepat jika Kapolri mengambil kebijakan korektif dengan membubarkannya," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan apabila di kemudian hari dibentuk Satgassus maka harus bersifat sementara atau khusus untuk maksud tertentu (ad hoc).

"Ke depan itu kalaupun ada Satgassus maka harus bener-bener bersifat ad hoc dan untuk jangka waktu pendek atau tertentu saja yang ditetapkan dengan jelas serta dengan tugas spesifik terbatas plus dihindari overlapping fungsinya. Contoh satgas yang tidak overlapping misalnya satgas dalam rangka operasi Tinombala atau Ketupat Lebaran," pungkasnya.

 

Pengacara Baru: Kita Siapkan Strategi untuk Membela Bharada E

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati