logo


Estonia Larang Penerbitan Visa bagi Warga Rusia, Begini Reaksi PBB

Juru bicara Sekjen PBB mengatakan bahwa pihaknysa sangat menentang tindakan diskriminasi, meski setiap negara berhak menerapkan kebijakan visa mereka sendiri

12 Agustus 2022 20:00 WIB

Juru bicara Sekjen PBB Stephane Dujarric
Juru bicara Sekjen PBB Stephane Dujarric Liputan6

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PBB telah mempertimbangkan keputusan Estonia untuk melarang penerbitan visa wisatawan bagi warga Rusia. Juru bicara Sekretaris Jenderal PBB mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis (11/8) bahwa pihaknysa sangat menentang diskriminasi, meski setiap negara berhak menerapkan kebijakan visa mereka sendiri.

“Negara memiliki hak untuk menerapkan kebijakan visa mereka sendiri,” Stephane Dujarric, juru bicara Guterres, mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers ketika diminta untuk mengomentari langkah pemerintah Estonia baru-baru ini.

“Kami menentang diskriminasi tetapi saya tidak akan mulai mengomentari setiap sindiran,” katanya, menolak untuk menjelaskan lebih lanjut atau mengkonfirmasi apakah PBB menganggap pernyataan atau kebijakan Estonia diskriminatif.


Swedia Akhirnya Bersedia Ekstradisi Seorang Pria yang Diburu oleh Turki

Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas sebelumnya mengatakan bahwa mengunjungi Eropa adalah “hak istimewa, bukan hak asasi manusia” bagi turis, saat dia mendesak Uni Eropa untuk melarang semua warga Rusia untuk mendapatkan visa. Pada hari Kamis, Estonia juga mengkonfirmasi bahwa negara itu mulai pekan depan akan melarang warga negara Rusia untuk masuk ke wilayahnya meski sudah mengantongi dengan visa yang dikeluarkan oleh negara Baltik itu.

 

Lithuania Tetap Jalin Hubungan Diplomatik dengan Taiwan, China Ancam Lakukan Hal Ini

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia