logo


Dijatuhi Sanksi oleh China, Ketua DPR AS: Siapa yang Peduli

Ketua DPR AS mengaku tidak peduli jika pemerintah China menjatuhkan sanksi terhadapnya karena sudah melakukan kunjungan formal ke Taiwan

11 Agustus 2022 16:30 WIB

the Times of Israel

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR AS Nancy Pelosi pada Rabu (10/8) mengatakan bahwa dirinya tidak peduli dengan keputusan pemerintah China menjatuhkan sanksi terhadap dirinya dan keluarganya atas kunjungannya baru-baru ini ke Taiwan.

"Siapa yang peduli," kata Pelosi saat konferensi pers.

Lebih lanjut, Pelosi menambahkan bahwa dukungan militer AS membantu meminimalkan pengaruh China terhadap kunjungan delegasi kongres AS ke Taiwan.


Dubes China Sebut AS Sengaja Perpanjang Konflik Ukraina

"Seluruh delegasi "sangat bangga dengan militer kami, yang meminimalkan pengaruh China dalam perjalanan kami dan menjaga kami," tambahnya.

Orang nomer tiga dalam pemerintahan Amerika Serikat tersebut juga mencatat bahwa Pentagon tidak mengeluarkan saran agar delegasi parlemen AS yang ia pimpin membatalkan perjalanan ke Taiwan.

Pelosi diketahui mengunjungi Taiwan pada 2-3 Agustus sebagai bagian dari perjalanan ke kawasan Indo-Pasifik. Kunjungan tersebut menuai kecaman keras dari Beijing, yang menganggap langkah itu sebagai pelanggaran kedaulatan nasional dan teritorial China.

Pada Jumat akhir pekan lalu, Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa Beijing akan menjatuhkan sanksi terhadap Pelosi beserta keluarganya.

"Pelosi memberikan pukulan serius terhadap prinsip Satu-China, membahayakan perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," kata Kementerian Luar Negeri.

Zelensky Sebut Perang dengan Rusia Bakal Berakhir jika Ukraina Berhasil Rebut Wilayah Krimea

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia