logo


Apa itu CMS WordPress? Ini Sejarah, Perkembangan dan Keunggulannya

CMS merupakan akronim dari Content Management System.

11 Agustus 2022 00:05 WIB

Desain website
Desain website Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, kamu bisa dengan mudah membuat website sendiri. Jika sebelumnya membuat website harus memiliki keahlian di bidang coding, sekarang kamu hanya membutuhkan CMS WordPress yang didukung dengan WordPress hosting DomaiNesia. Lantas, Apa itu CMS WordPress?

Mungkin masih banyak yang belum begitu paham dengan istilah CMS Wordpress meskipun sudah sering menggunakannya. Untuk memahami dan tahu lebih jauh tentang istilah CMS WordPress, kamu bisa Iangsung simak ulasan di bawah ini.

Elemen Penting CMS


Perempuan Punya Peran Besar, Menkominfo: Pemerintah Percepat Kesetaraan di Sektor Digital

CMS merupakan akronim dari Content Management System. CMS bisa diartikan sebagai perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk pengaturan konten pada website. Tujuan utamanya adalah memudahkan pengguna dalam mengelola website.

Perlu diketahui bahwa dalam CMS ini terdapat dua elemen penting, yaitu Content Management Application dan Content Delivery Application. lni penjelasan masing-masing elemennya.

1.Content Management Application (CMA)

Elemen pertama adalah Content Management Application atau aplikasi manajemen konten yang memiliki fungsi sangat penting dalam CMS. CMA sendiri memiliki desain interface yang memungkinkan penggunanya untuk membuat dan mengelola konten pada situs web.

Terlebih dengan desain pada dashboard CMS yang terlihat user friendly, terutama yang ditemukan pada WordPress. Dengan desain yang sederhana tersebut siapapun bisa dengan mudah menggunakannya, bahkan bagi pemula sekalipun.

2.Content Delivery Application (CDA)

Untuk memahami apa itu CMS WordPress dan artinya kamu juga perlu mengetahui elemen CMS yang kedua yaitu CDA atau Content Delivery Application. Fungsi elemen ini tidak kalah penting dari CMA karena berperan sebagai administrator website.

Bisa dikatakan bahwa CDA ini merupakan backend suatu website. Sebagai gambaran, ketika kamu ingin menerbitkan konten dengan klik tombol Publish pada halaman post, maka CDA Iangsung menjalankan fungsinya sehingga konten milik mu bisa ditemukan di pencarian internet.

Apa itu CMS WordPress dan Bagaimana Sejarahnya

CMS Wordpress merupakan pilihan terbaik bagi kamu yang ingin membuat website secara mudah. Pasalnya CMS ini memiliki beragam fltur dan keunggulan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat dan mengelola website dengan praktis.

WordPress sendiri merupakan CMS atau Content Management System yang dibangun dengan memanfaatkan PHP sebagai bahasa pemrogramannya dan database MySQL. Sebagai salah satu CMS, WordPress akan memberikan kemudahan kepada penggunanya dalam pembuatan serta pengelolaan website.

Mulai dari website untuk toko online, blog pribadi, company profile hingga portofolio. Dengan CMS ini kamu bisa mengatur tampilan dan tema, menambah fitur, hingga mengatur konten di website dengan mudah.

CMS mengalami perkembangan yang cukup pesat, dan WordPress menjadi salah satu CMS yang memiliki banyak pengguna. Bahkan dari data yang ada di w3techs.com diketahui bahwa penggunaan CMS WordPress di seluruh dunia sudah mencapai lebih dari 61% dari total keseluruhan CMS.

Sejarah WordPress

CMS WordPress mulai dikembangkan sejak tahun 2001 dengan nama cafelog atau b2, dan digunakan oleh lebih dari dua ribu pengguna pada Mei 2003. Adapun bahasa pemprograman yang digunakan adalah PHP dan MySQL dengan lisensi General Public License (GPL).

Perkembangan WordPress pada saat itu tidak terlepas dari peran Matthew Charles Mullenweg serta Mike LittIe yang berkolaborasi untuk mengembangkan cafe blog menjadi WordPress.

Perkembangan WordPress

Pengguna WordPress diketahui terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Sebagai gambaran, di tahun 2005 WordPress sudah diunduh oleh lebih dari 900 ribu pengguna. Di tahun yang sama, WordPress juga menyediakan WordPress.com untuk pembuatan website gratis.

Selain menyediakan layanan secara gratis, WordPress juga menawarkan fitur pembelian domain, penyewaan hosting serta beragam fitur Iainnya yang menarik. Tidak heran jika saat ini WordPress berhasil memiliki jumlah pengguna terbesar di dunia.

Sejak resmi dirilis, WordPress telah menyediakan berbagai fitur yang lengkap. Dan pada Januari 2009, dilakukan update filter WordPress secara besar-besaran. Diantaranya berupa interface, multiple category, edit link dan lain sebagainya.

Apa Keunggulan CMS WordPress?

Setelahmengetahui apa itu CMS WordPress, kamutentujugapenasarandengankeunggulan yang ditawarkan CMS WordPress. Ya, jikadibandingkandengan CMS Iainnya, CMS WordPressmemilikibeberapakeunggulansepertiberikut:

  • Mudah Dioperasikan

Salah satu keunggulan CMS WordPress adalah mudah dioperasikan. Dalam hal ini sebagai pengguna kamu tidak perlu menguasai bahasa pemrograman yang rumit untuk mengelola situs web di WordPress.

  • Open Source

Perlu diketahui bahwa CMS WordPress ini sifatnya open source. Sehingga kamu bisa lebih leluasa dalam memodiflkasi dan mendistribusikan konten untuk keperluan pribadi atau bisnis tanpa perlu mengeluarkan biaya. Tidak heran jika CMS ini banyak difavoritkan oleh developer.

  • Support SEO

WordPress merupakan salah satu platform CMS yang support SEO. Untuk memaksimalkan jumlah pengunjung, kamu perlu mengoptimasi SEO. Dalam hal ini kamu bisa dengan mudah mengubah alt text dan permalink untuk menyisipkan kata kunci atau keyword yang diinginkan.

Dengan mengetahui apa itu CMS WordPress, tentunya membuat kamu semakin mudah dalam mengelola sebuah website. Kamu bisa membuat website pribadi atau bisnis sesuai keinginan dan kebutuhan. Bagaimana, sudah siap untuk memiliki website sendiri ?.

Penuhi Kebutuhan Layanan Satelit, Menkominfo Bahas Peluang Kerja Sama dengan Perusahaan AS

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar