logo


Kasus Pembunuhan Brigadir J Terbongkar, Waketum MUI Puji Kapolri

Kasus kematian Brigadir J bisa terungkap berkat sikap tegas dan profesionalitas dari Kapolri.

10 Agustus 2022 15:50 WIB

Anwar Abbas
Anwar Abbas wikipedia

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Wakil Ketua MUI Anwar Abbas mengapresiasi kinerja Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan segenap pihak di kepolisian menyusul ditetapkannya Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir J.

"Kita tentu patut memberikan apresiasi kepada Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan pihak kepolisian yang telah dapat membongkar kasus pembunuhan terhadap Brigadir Nofriasnyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J sampai ke akar-akarnya," ujar Anwar Abbas, Rabu (10/8).

Anwar menilai Polri bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat yang mulanya pesimistis kasus kematian Brigadir bisa terungkap.


Apresiasi Kapolri di Kasus Brigadir J, PKS: Sudah Selayaknya Bila Kasus KM 50 Juga Dibuka Kembali

Menurutnya, ketegasan Listyo yang tanpa tebang pilih sangat diperlukan dalam penegakan hukum di Indonesia, khususnya kasus tewasnya Brigadir J.

"Berkat sikap tegas dan profesionalitas dari Kapolri dan pihak kepolisian, kasus ini bisa dibongkar sampai ke akar-akarnya dengan menangkap dan mempersangkakan siapa yang telah menjadi aktor utama dan atau otak intelektual dalam kasus terbunuhnya Brigadir J," ujar Anwar.

Diketahui, pada Selasa (9/8), Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo (FS) telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. FS disebut dalang pembunuhan dan penyusun skenario baku tembak.

“Irjen Pol FS menyuruh melakukan dan menskenario peristiwa seolah-olah terjadi peristiwa tembak-menembak," ujar Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto dalam konferensi pers di Mabes Polri.

Sementara itu, Kapolri Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, untuk merekayasa pembunuhan, FS memakai senjata Brigadir J guna menembak dinding.

"Untuk membuat seolah-olah telah menjadi tembak-menembak, Saudara FS melakukan penembakan dengan senjata milik Saudara J ke dinding berkali-kali," kata Sigit.

FS Jadi Tersangka, Politikus PKB: Tidak Ada yang Kebal Hukum

Halaman: 
Penulis : Iskandar