logo


Dijamin Aman, Ini Tips Beli Smartphone Secara Online

Smartphone yang diimpikan dapat seketika dibeli dan diantar ke rumah tanpa harus repot bepergian.

10 Agustus 2022 15:51 WIB

Smartphone
Smartphone Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Saat ini, terdapat banyak toko, produsen, ataupun distributor yang memasarkan produknya secara online. Belum lagi marketplace yang sekarang jumlahnya kian menjamur. Smartphone yang diimpikan dapat seketika dibeli dan diantar ke rumah tanpa harus repot bepergian.

Namun, tentu saja kemudahan ini juga diimbangi dengan risiko cukup besar seandainya konsumen tak berhati-hati. Salah-salah, bukannya menerima barang yang diinginkan, kamu justru  jadi korban penipuan. Entah karena barang yang datang tak sesuai spesifikasi atau justru barang yang dipesan tak datang sama sekali. Lalu, bagaimana caranya supaya pembelian smartphone online dapat dilakukan dengan aman?

Berikut tips beli smartphone online dijamin aman yang bisa kamu praktekkan.


Kolabs dengan Asus, Qualcomm Rilis Smartphone Pertamanya

1. Lakukan Riset Harga
Daya tarik dari belanja di e-commerce adalah harga yang miring. Tentu ini salah satu keunggulan e-commerce jika dibandingkan dengan konvensional. Namun dengan harga yang miring, apakah smartphone yang didapat dijamin legal? apakah smartphone tersebut resmi? Maka dari itu, biar lebih aman kamu wajib melakukan riset harga lebih dulu sebelum beli smartphone via online.

Sekiranya harga terlampau jauh dan merchant yang menjual kelihatan aneh atau mencurigakan, bisa jadi smartphone yang dipasarkan ilegal yang menjurus pada penipuan.

2. Gunakan Platform E-Commerce Terpercaya
Ketika kamu memutuskan untuk membeli smartphone secara online, pilihlah e-commerce yang dipercayai banyak konsumen. Adapun platform belanja terpercaya umumnya mempunyai sistem perlindungan guna menjamin keamanan konsumen dalam bertransaksi. Dengan demikian, kamu bisa meminimalisir terjadinya penipuan.

3. Pastikan Reputasi Toko Atau Penjual Baik

Ada begitu banyak merchants di marketplace yang menawarkan barang yang sama dengan harga yang berbeda. Oleh sebab itu, kamu wajib memilah mana yang paling aman.

Nah, untuk menambah rasa aman, sebaiknya kamu membeli hanya di official store di e-commerce terpercaya dengan reputasi baik.

4. Baca Review Produk Dan Kritis Bertanya
testimoni pembeli juga salah satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan. Sebelum menekan tombol checkout, jangan lupa untuk membaca review yang dimiliki merchant tersebut.

Kamu juga jangan ragu untuk terus bertanya pada seller. Tanyakan secara detail hal apapun terkait tipe smartphone yang mau kamu beli beserta kelengkapannya. Pastikan juga jaminan atau garansi keaslian smartphone nya ya.

5. Memastikan Garansi

Garansi menjadi hal wajib ada ketika kamu membeli barang apapun, apalagi smartphone. Sayangnya, banyak pembeli yang baru mencoba berbelanja smartphone online tak memperhatikan soal garansi.

Buat kamu yang mau membeli smartphone secara online, sebisa mungkin hindari seller yang menawarkan garansi toko, sekalipun smartphone yang dipasarkan murah. Umumnya, seller terpercaya akan menawarkan garansi resmi dari brand yang mereka tawarkan. Seandainya smartphone barumu rusak, garansi resmi juga memungkinkan kamu memperbaiki smartphone milikmu langsung di service center. Sebaliknya, smartphone dengan garansi toko belum tentu kejelasannya dan dapat dipastikan garansi semacam ini tak akan berlaku di service center.

Tak cukup sampai di situ, ketahui juga bahwa smartphone dengan garansi non resmi berpotensi tidak dapat digunakan lantaran IMEI tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Makanya, demi mengoptimalkan keamanan dan kenyamanan pengguna, pastikan kamu membeli smartphone di official marketplace store terpercaya seperti Erafone ya! Soalnya semua smartphone yang dijual Erafone telah melewati distributor resmi TAM (Teletama Artha Mandiri).

Nah, itu dia beberapa tips beli smartphone online yang dijamin aman! Sebenarnya, ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan ketika kamu hendak berbelanja smartphone online. Pada intinya, jadilah konsumen cerdas dan jangan mudah tergiur dengan harga smartphone murah namun akhirnya kamu sendiri yang tidak mendapatkan pengalaman terbaik dalam menggunakannya!

6 Alasan Review SehatQ Selalu Menarik Perhatian

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar