logo


Gelar Latihan Militer Skala Besar, China Disebut Siap Invasi Taiwan

Menteri Pertahanan Taiwan menuding China saat ini sedang bersiap untuk melancarkan invasi terhadap Taiwan

10 Agustus 2022 16:15 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Al Arabiya

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu, pada Selasa (9/8) mengatakan bahwa China menggunakan latihan militer skala besar sebagai langkah persiapan sebelum melancarkan invasi ke Taipei.

“China telah menggunakan latihan dan pedoman militernya untuk mempersiapkan invasi ke Taiwan,” kata Wu saat konferensi pers, dikutip Al Arabiya.

Beijing terlibat dalam “latihan militer skala besar dan peluncuran rudal, serta serangan dunia maya, kampanye disinformasi dan pemaksaan ekonomi untuk melemahkan moral publik di Taiwan,” tegas diplomat itu.


Militan Gaza Siap Lancarkan Serangan jika Israel Langgar Perjanjian Gencatan Senjata

China meluncurkan latihan perang termasuk latihan tembakan langsung di enam wilayah maritim di sekitar Taiwan pekan lalu sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau itu.

Menurut Wu, latihan itu masih dilakukan di Selat Taiwan pada hari Senin, meskipun Beijing sebelumnya mengatakan bahwa kegiatan itu akan berakhir pada akhir pekan kemarin.

Joseph Wu mengklaim bahwa tujuan utama China adalah untuk mengubah status quo di Selat Taiwan.

Wu menyebut latihan itu sebagai “pelanggaran berat terhadap hak Taiwan” dan upaya Beijing untuk menguasai perairan di sekitar Taiwan dan Asia-Pasifik yang lebih luas.

Zelensky Minta Negara-negara Berlakukan Larangan Masuk bagi Turis asal Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia