logo


LPSK Sebut Keterangan Bharada E yang Kedua Lebih Sesuai dengan Fakta

Edwin mengatakan bahwa perbedaan keterangan Bharada E yang pertama dan kedua sangat signifikan

10 Agustus 2022 09:25 WIB

LPSK
LPSK Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Edwin Partogi, mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan kronologi dari Bharada E di awal.

"Kami juga sudah mendapatkan kronologi dari Bharada E di awal, yang kami juga merasa tidak memiliki keyakinan bahwa yang disampaikan Bharada E ketika itu adalah benar," papar Edwin di Kantor LPSK, Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (9/8).

Edwin mengatakan bahwa berdasarkan investigasi LPSK ke sumber yang kredibel ada perbedaan yang cukup signifikan tidak sesuai dengan keterangan Bharada E.


Dapat Ancaman, Pengacara Bharada E Minta Perlindungan ke Jokowi

"Kami menggali keterangan fakta, data, informasi dari sumber yang kompeten dan kredibel, itu menunjukkan adanya perbedaan yang cukup signifikan yang tidak bersesuaian dengan keterangan Bharada E," ungkapnya.

Selanjutnya, Bharada E mengubah keterangan sebelumnya menjadi lebih sesuai dengan situasi yang saat ini dibicarakan.

"Sehingga kemudian, ketika Bharada E mengubah keterangan sebelumnya menjadi saat ini yang ramai diperbincangkan, itu masih ada kecocokannya dengan informasi fakta yang telah kami kumpulkan dari pihak lainnya," tutur Edwin.

"Lebih ada kesesuaian dengan fakta yang kami dapatkan, dibanding dengan versi cerita yang pertama," sambungnya.

Edwin mengatakan bahwa perbedaan keterangan Bharada E yang pertama dan kedua sangat signifikan.

"Jadi keterangan yang disampaikan dari awal dengan yang disampaikan pengacara itu sudah berubah. Persentase dari yang sebelumnya mungkin cuma 20% doang yang bener ya," katanya.

"Karena prosesnya kan masih berlangsung. Kita belum tahu apa yang sebenarnya terjadi, yang paling tahu kan penyidiknya. Karena mereka sedang memeriksa, kalau kita kan nggak memeriksa semuanya. Kami hanya memeriksa dua orang itu (Ibu P dan Bharada E) walaupun informasi yang kita peroleh tidak sebatas dari kedua belah pihak itu," tandasnya.

Soal Asesmen Istri Irjen Ferdy Sambo, LPSK Belum Dapat Informasi Secara Utuh

Halaman: 
Penulis : Admin