logo


Menkes Santai soal Rumah Sehat, Politikus PDIP Masih Protes

Gilbert meminta penjenamaan Rumah Sehat itu dikonsultasikan dengan ahli ilmu kesehatan masyarakat dan ahli tata bahasa.

9 Agustus 2022 16:37 WIB

Anies Baswedan
Anies Baswedan twitter.com/aniesbaswedan

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Politikus PDIP Gilbert Simanjuntak masih menyesalkan keputusan Gubernur Anies Baswedan soal penjenamaan Rumah Sehat untuk Jakarta. Apalagi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendukung langkah Anies tersebut.

Gilbert menyindir Budi yang tak memiliki latar belakang pendidikan tentang kesehatan. Menurutnya, pengubahan istilah Rumah Sakit menjadi Rumah Sehat bakal menimbulkan kebingungan.

Anak buah Megawati Soekarnoputri itu menjelaskan, berdasarkan ilmu kesehatan, lingkungan rumah sehat adalah rumah tinggal yang memenuhi syarat dari segi ventilasi, pencahayaan, kepadatan hunian, pengelolaan limbah, sumber air, hingga penyimpanan makanan.


Anies Ganti Nama Rumah Sakit, PDIP: Tidak Boleh Sembarangan

"Sesuai Kemenkes, istilah rumah sehat itu digunakan untuk rumah tinggal yang sehat. Istilah rumah sehat tidak mungkin digunakan untuk rumah sakit," ujar Gilbert di Jakarta, Senin (8/8).

Atas kebijakan tersebut, Gilbert menilai Anies dan Budi belum tahu betul soal konsep ilmu kesehatan masyarakat. Anggota DPRD DKI itu bahkan menganggap keduanya tak memahami aturan Kemenkes terkait kriteria rumah sehat.

Gilbert lantas menyarankan Anies berkonsultasi soal penjenamaan rumah sehat kepada para ahli, khususnya di bidang kesehatan masyarakat dan bahasa.

"Konsultasi ke ahli ilmu kesehatan masyarakat dan ahli tata bahasa akan menjernihkan kerancuan ini sebelum terlalu jauh," kata dia.

Anies Ubah Nama Rumah Sakit jadi Rumah Sehat, Ruhut: Ngaco Nih!

Halaman: 
Penulis : Iskandar