logo


Warta Ekonomi Beri Penghargaan ke 151 Emiten dengan Kinerja Terbaik

Tumbuhnya industri pasar modal akan jadi salah satu motor penggerak ekonomi Indonesia

9 Agustus 2022 16:14 WIB

Samsul Hidayat, Direktur Eksekutif Asosiasi Emiten Indonesia
Samsul Hidayat, Direktur Eksekutif Asosiasi Emiten Indonesia dok. IBPCA 2022

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dunia tengah diterpa berbagai tantangan, mulai dari pandemi hingga konflik Rusia-Ukraina yang menyebabkan terjadinya krisis energi dan pangan serta memicu tingginya inflasi di tingkat global. Sejumlah negara sudah mengalami krisis yang tak teratasi akibat tantangan-tantangan tersebut, salah satunya Sri Lanka yang mengalami kebangkrutan.

Sementara itu, Indonesia hingga saat ini masih mampu mejaga kestabilan ekonomi. Hal ini didukung oleh sejumlah faktor, misalnya kebijakan Bank Indonesia yang tidak menaikkan suku bunga.

“Indonesia termasuk yang terbaik dalam menangani inflasi dibanding negara-negara lain. Artinya, inflasi kita masih terjaga,” kata Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi Muhamad Ihsan, dalam sambutannya di ajang penghargaan Indonesia Best Public Company Awards 2022, Kamis (4/8/2022).


Indonesia Timur Diprediksi Memasok Listrik Paling Tinggi

Di sisi lain, dunia usaha juga memiliki peran penting dalam menjaga kestabilan perekonomian nasional. Berdasarkan laporan Indonesia Economic Prospect (IEP) Bank Dunia, sejumlah faktor yang mendorong kinerja perekonomian adalah kepercayaan konsumen yang meningkat, nilai tukar perdagangan (terms of trade) yang lebih baik, dan lonjakan permintaan yang tertahan (pent-up).

Artinya, perusahaan dengan kinerja yang terjaga memiliki andil penting dalam perekonomian bangsa. Salah satu cara perusahaan menjaga kinerja adalah dengan terjun di lantai saham sehingga mampu memajuan perekononiam Indonesia. Adapun saat ini, sejumlah sektor saham tercatat memiliki kinerja yang positif.

“Tumbuhnya industri pasar modal akan jadi salah satu motor penggerak ekonomi Indonesia, akan menjadi pilihan utama bagi dunia usaha dalam mencari pembiayaan. Untuk itu, harapan kita pasar modal dapat memberikan manfaat positif dalam mendukung kemajuan dunia usaha,” ujar Samsul Hidayat, Direktur Eksekutif Asosiasi Emiten Indonesia, saat memberikan sambutan di acara Indonesia Best Public Company Awards 2022.

Menimbang sejumlah kondisi tersebut, Warta Ekonomi ingin memberikan apresiasi kepada para perusahaan terbuka (emiten) yang telah berhasil memiliki tingkat perdagangan saham dan kinerja keuangan yang baik melalui ajang Indonesia Best Public Company Awards 2022. Mengangkat tema “Maintaining Quality and Facing Future Growth in the Pandemic Recovery”, Warta Ekonomi memberikan penghargaan kepada 151 perusahaan.

Kategori: Minyak, Gas & Batu Bara (Pertambangan Batu Bara)
PT Bayan Resources Tbk sebagai Indonesia Best Public Company 2022 with The Capacious Market Capitalization for Sustainability Business
PT Adaro Energy Indonesia Tbk sebagai Indonesia Best Public Company 2022 with Precious Earning Performance
PT Adaro Minerals Indonesia Tbk sebagai Indonesia Best Public Company 2022 with Extravagant Demand on Transaction
PT Bukit Asam Tbk sebagai Indonesia Best Public Company 2022 with Prominent Trading Frequency
PT Indo Tambangraya Megah Tbk sebagai Indonesia Best Public Company 2022 with Reliable Market Share Performance
PT Trada Alam Minera Tbk sebagai Indonesia Fastest Growing Public Company 2022 with Precious Earning Performance
PT Sigma Energy Compressindo Tbk sebagai Indonesia Fastest Growing Public Company 2022 with Prominent Trading Frequency
PT Bintang Samudera Mandiri Lines Tbk sebagai Indonesia Fastest Growing Public Company 2022 with Reliable Market Share Performance

UU Minerba Menuai Protes Dalam dan Luar Negeri

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan