logo


Rusia Undang Junta Militer Myanmar Hadir di Forum Ekonomi Timur

Menteri Luar Negeri Rusia berharap pemerintah Myanmar bersedia mengirim perwakilan untuk ikut serta dalam Forum Ekonomi Timur yang akan digelar pada September 2022 di Vladivostok

3 Agustus 2022 21:15 WIB

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov Sputniknews

NAYPYIDAW, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, pada Rabu (3/8) mengatakan bahwa Moskow berharap delegasi Myanmar bersedia hadir dalam Forum Ekonomi Timur yang dijadwalkan berlangsung di kota Vladivostok, Rusia, pada bulan September 2022.

Lavrov melakukan kunjungan resmi ke Myanmar untuk membahas perkembangan hubungan kerjasama ekonomi dan keamanan, dimana kunjungan itu merupakan yang pertama dalam sembilan tahun terakhir.

“Kami mengharapkan delegasi yang cukup besar [dari Myanmar] di Forum Ekonomi Timur di Vladivostok pada awal September seperti halnya di Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg pada bulan Juni, di mana banyak kementerian Myanmar diwakili oleh kepala mereka,” Lavrov kata pada konferensi pers di Naypyidaw, setelah pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Myanmar Wunna Maung Lwin, dikutip Sputniknews.


China Ancam Jatuhkan Sanksi Keras terhadap Ketua DPR AS

Lavrov menambahkan bahwa selama bulan Agustus, Kementerian Pertahanan Rusia berencana menggelar beragam acara, termasuk latihan perang Angkatan Darat 2022 dan Forum Teknis Militer Internasional Army. Ia juga berharap Myanmar bersedia mengirim delegasinya untuk ikut serta dalam acara-acara tersebut.

Pada saat yang sama, Lavrov mencatat bahwa kedua negara akan membahas masalah sistem pembayaran alternatif.

"Pertama-tama, untuk alasan yang jelas, [masalah ini] ditangani oleh komisi antar pemerintah untuk perdagangan dan kerja sama ekonomi, yang merencanakan pertemuan berikutnya di sini di Myanmar pada paruh kedua tahun ini", katanya.

Rusia Kecam Kunjungan Ketua DPR AS ke Taiwan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia