logo


China Ancam Jatuhkan Sanksi Keras terhadap Ketua DPR AS

Menlu China menegaskan bahwa Taiwan adalah bagian dari China, dan kunjungan Ketua DPR AS ke Taipei adalah bentuk dari intervensi terhadap urusan dalam negeri China

3 Agustus 2022 17:00 WIB

Menteri Luar Negeri China Wang Yi
Menteri Luar Negeri China Wang Yi China Daily

BEIJING, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri China Wang Yi telah berjanji untuk menjatuhkan sanksi "keras" sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

“Ini adalah lelucon yang lengkap. Amerika Serikat melanggar kedaulatan China dengan kedok apa yang disebut 'demokrasi' […]. Mereka yang menyinggung China akan dihukum,” kata Wang di sela-sela pertemuan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Phnom Penh, Selasa (2/8), dikutip Sputniknews.

Wang juga mengatakan bahwa reunifikasi penuh China dengan Taiwan adalah “tren umum dan sejarah yang tak terhindarkan.”


Kampanye Militer Hibrida AS terhadap Rusia Bisa Berubah Menjadi Perang Nuklir

Selain itu, diplomat top China itu memperingatkan bahwa Beijing tidak akan memberikan ruang bagi pasukan kemerdekaan pro-Taiwan untuk bertindak atau pihak asing untuk ikut campur dalam urusan internal China.

Wang juga berpendapat bahwa upaya Amerika Serikat menggunakan Taiwan untuk menahan perkembangan China pasti akan gagal.

“Amerika Serikat seharusnya tidak memiliki ilusi tentang merusak pembangunan dan kebangkitan China,” tegasnya.

Menurutnya, AS dan partai penguasa Taiwan telah menjadi pelaku konflik dan merusak perdamaian di Selat Taiwan.

Pernyataan itu muncul setelah Pelosi bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Taipei, menekankan bahwa tujuan perjalanannya ke pulau itu adalah untuk "menjelaskan dengan tegas bahwa kami [Amerika Serikat] tidak akan meninggalkan komitmen kami terhadap Taiwan."

“Solidaritas Amerika dengan Taiwan sangat penting; itulah pesan yang kami bawa ke sini, hari ini,” kata Pelosi.

Pelosi tiba di Taiwan pada hari Selasa sebagai bagian dari tur delegasi kongres di kawasan Indo-Pasifik. Ia nekat berkunjung ke Taiwan meski sudah mendapat peringatan pribadi dari pemerintahan Joe Biden tentang risiko bahwa kunjungan diplomatik tersebut dapat membawa dan memicu tanggapan keras dari pemerintah China.

Ketua DPR AS Berkunjung ke Taipei, China Batasi Perdagangan dengan Taiwan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia