logo


Ketua DPR AS Berkunjung ke Taipei, China Batasi Perdagangan dengan Taiwan

Pemerintah China pada Rabu (3/8) memberlakukan pembatasan perdagangan dengan Taiwan usai Ketua DPR AS berkunjung ke Taipei

3 Agustus 2022 16:45 WIB

Pelabuhan Shanghai, China
Pelabuhan Shanghai, China istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Pemerintah China pada Rabu (3/8) dikabarkan telah membatasi perdagangan dengan Taiwan, ditengah meningkatnya ketegangan akibat kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei.

Dilansir dari Al Jazeera, otoritas perdagangan dan bea cukai China mengatakan bahwa mereka telah menghentikan ekspor pasir, bahan utama yang digunakan dalam industri konstruksi, serta impor buah jeruk dan produk perikanan dari Taiwan.

Menurut Administrasi Umum Kepabeanan China, impor bahan makanan dari Taiwan dihentikan karena adanya kandungan pestisida dan virus corona di beberapa pengiriman. Sementara Kementerian Perdagangan China mengatakan telah menangguhkan ekspor pasir sesuai dengan ketentuan hukum yang tidak ditentukan.


Rusia Tuduh AS Bertanggung Jawab atas Tindak Kejahatan Perang yang Dilakukan Ukraina

Kantor Urusan Taiwan-China, secara terpisah mengumumkan bahwa pihaknya juga akan melarang perusahaan dan individu China daratan untuk melakukan transaksi keuangan dengan dua lembaga Taiwan, yakni Yayasan Demokrasi Taiwan serta Dana Kerjasama dan Pembangunan Internasional Taiwan.

Menurut laporan Taipei Times, Direktur Jenderal Administrasi Makanan dan Obat-obatan Taiwan, Wu Shou-Mei, mengatakan bahwa keputusan yang diambil oleh China sarat dengan muatan politik karena produsen Taiwan diperlakukan berbeda dari produsen negara lain.

China adalah mitra dagang terbesar Taiwan, dimana total nilai ekspor Taiwan ke China daratan dan Hong Kong mencapai $ 188,9 miliar pada tahun 2021.

Kampanye Militer Hibrida AS terhadap Rusia Bisa Berubah Menjadi Perang Nuklir

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia