logo


PM Hungaria: Uni Eropa Bukan Bos Kami

PM Hungaria menegaskan bahwa negaranya tidak akan mematuhi kebijakan Uni Eropa jika hal itu merugikan Hungaria

2 Agustus 2022 22:30 WIB

Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban
Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban Reuters

BUDAPEST, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban melontarkan kecaman terhadap Uni Eropa pada Senin (1/8) malam dalam sebuah postingan Facebook, dengan menegaskan bahwa Brussels tidak mendikte urusan negara-negara Eropa.

“Uni Eropa tidak berada di Brussel. Uni Eropa berada di Wina, Budapest dan Warsawa, Berlin dan Madrid,” kata Orban.

Seperti diketahui, Orban berulang kali menentang keputusan Uni Eropa untuk menjatuhkan kebijakan sanksi Anti-Rusia atas operasi militer di Ukraina, khususnya soal embargo total gas alam Rusia.


China Belum Siap Ikut Perjanjian Nuklir New START dengan Rusia dan AS

“Brussels (Uni Eropa) bukan bos kami. Kami adalah negara Hungaria yang merdeka dan berdaulat. Kami membuat keputusan bersama. Jika mereka tidak baik untuk kami, kami akan memberi tahu mereka. Jika mereka tidak baik dan kami dapat mencegahnya, keputusan bersama tidak akan dibuat,” tambahnya.

Pada 28 Juli kemarin, Orban juga mengecam dukungan militer NATO untuk Kiev selama pertemuan di Wina dengan Kanselir Austria Karl Nehammer.

“Penilaian Hungaria adalah bahwa konsep NATO mendukung Ukraina dengan senjata dan petugas pelatihan, dan Ukraina berperang melawan Rusia, adalah konstruksi yang sekarang telah terbukti tidak menghasilkan kemenangan Ukraina,” kata Orban pada konferensi pers setelah bertemu dengan Karl Nehammer.

Orban juga mengatakan bahwa kebijakan sanksi yang dijatuhkan oleh Uni Eropa dan negara-negara barat terhadap Moskow terbukti telah menyebabkan krisis ekonomi yang serius di blok tersebut. Dia mengatakan bahwa penyelesaian damai perlu dicapai di Ukraina atau akan memicu terjadinya resesi ekonomi di Uni Eropa yang akan disertai dengan ketidakstabilan politik.

Rusia Ancam Putuskan Hubungan Diplomatik dengan AS jika...

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia