logo


Rusia Ancam Putuskan Hubungan Diplomatik dengan AS jika...

Juru bicara Kemenlu Rusia mengatakan bahwa keputusan AS untuk memasukkan Rusia dalam daftar negara pendukung terorisme dapat memicu putusnya hubungan diplomatik kedua negara

2 Agustus 2022 21:55 WIB

Bendera Rusia dan Amerika Serikat
Bendera Rusia dan Amerika Serikat istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova, pada Selasa (2/8) menegaskan bahwa Moskow dapat secara sepihak memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Washington jika pemerintahan Joe Biden memasukkan Rusia dalam daftar negara pendukung terorisme.

“Penggunaan undang-undang mereka sendiri, bertentangan dengan hukum internasional, dapat dilihat oleh para senator dan anggota kongres sebagai hukuman yang mengerikan yang dapat memaksa Rusia untuk hidup sesuai dengan tatanan dunia berbasis aturan yang diciptakan oleh Amerika Serikat. Mereka naif. Pada saat yang sama, mereka lupa bahwa tindakan apa pun akan dibalas dengan reaksi, dan hasil logis dari langkah semacam itu dapat mengakhiri hubungan diplomatik, setelah itu Washington pada akhirnya berisiko melewati titik dimana tidak bisa kembali dengan semua konsekuensi logisnya," kata Zakharova dikutip Sputniknews.

Kamis lalu, Senat AS menyetujui resolusi tidak mengikat yang meminta Departemen Luar Negeri untuk menganggap Rusia sebagai negara pendukung terorisme atas tindakannya di Chechnya, Georgia, Suriah dan Ukraina. Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat Ned Price mengatakan kepada wartawan bahwa pemberian label terhadap Rusia itu praktis tidak akan mengubah apa pun, mengingat negara tersebut sudah menerima banyak kebijakan sanksi internasional.


Soal Rencana Kunjungan Ketua DPR AS ke Taiwan, Washington Minta China Tak Lakukan Tindakan Provokasi

China Belum Siap Ikut Perjanjian Nuklir New START dengan Rusia dan AS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia