logo


Soal Rencana Kunjungan Ketua DPR AS ke Taiwan, Washington Minta China Tak Lakukan Tindakan Provokasi

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan bahwa tindakan provokasi yang mungkin dilakukan oleh China jika Ketua DPR AS berkunjung Taiwan hanya akan memicu konflik

2 Agustus 2022 19:45 WIB

AS-China
AS-China istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - AS telah memperingatkan China untuk tidak melakukan tindakan provokasi yang mungkin dilakukan di tengah rencana kunjungan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan. Menurut juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby, tindakan provokasi Beijing tersebut tidak akan mengintimidasi Washington.

Meski pada awalnya Presiden Joe Biden menyarankan agar Pelosi tidak melakukan perjalanan, tetapi Gedung Putih pada Senin (1/8) mengatakan bahwa dia “memiliki hak untuk mengunjungi Taiwan” setelah berhari-hari China mengancam bahwa mereka dapat mengambil tindakan militer terhadap pesawatnya.

"Tidak ada alasan untuk menggunakan kunjungan potensial untuk membenarkan atau memicu semacam krisis atau konflik," kata John Kirby kepada wartawan di Gedung Putih, dikutip Al Arabiya.


Cegah Krisis Energi, Inggris Akhirnya Longgarkan Kebijakan Sanksi Anti-Rusia

Kirby menunjuk retorika dan ancaman baru-baru ini dari China, menyerukan Beijing untuk menyelesaikan perbedaan pandangan dengan “cara damai.”

Dia mengatakan bahwa China tampaknya memposisikan dirinya untuk mengambil langkah lebih lanjut dalam beberapa hari mendatang … “yang dapat mencakup provokasi militer, seperti menembakkan rudal di Selat Taiwan atau di sekitar Taiwan.”

Memperhatikan bahwa kebijakan luar negeri AS tidak berubah sehubungan dengan kebijakan Satu China, Kirby mengatakan AS “tidak akan mengambil umpan atau terlibat dalam perang.”

Dia menambahkan: "Pada saat yang sama, kami tidak akan terintimidasi."

Dubes China Beri Peringatan Keras terhadap Rencana Kunjungan Ketua DPR AS ke Taiwan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia