logo


Novel PA 212 Nilai Akad Nikah Pakai Bahasa Indonesia sebagai Kedaruratan

Barangkali tak sedikit umat Islam di Indonesia kesulitan melapalkan bahasa Arab.

2 Agustus 2022 15:18 WIB

Juru Bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212, Habib Novel Bamukmin, usai menjadi pembicara dalam diskusi publik ‘Narasi Politik Reuni 212’ yang diselenggarakan oleh Jitunews.com, Jumat (30/11).
Juru Bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212, Habib Novel Bamukmin, usai menjadi pembicara dalam diskusi publik ‘Narasi Politik Reuni 212’ yang diselenggarakan oleh Jitunews.com, Jumat (30/11). Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Plt Wakil Ketua Umum PA 212 Novel Bamukmin mendukung penggunaan bahasa Arab dalam pengucapan ijab kabul, sebagaimana terjadi pada pernikahan putri Anies Baswedan, Mutiara Annisa dengan Ali Saleh Alhuraiby.

Menurutnya, pemakaian bahasa Indonesia dalam ijab kabul merupakan bentuk kedaruratan. Pasalnya tidak semua orang Indonesia mampu berbahasa Arab dengan baik.

"Adapun orang melakukannya justru dengan bahasa Indonesia tingkatnya hanya diperbolehkan bahkan terkesan kedaruratan, karena mungkin mereka berat lidahnya untuk menghapal dan mengucap dengan bahasa Arab," ujar Novel, seperti dilansir dari Populis, Selasa (2/8).


Said Didu soal Ruhut Nyinyir Akad Nikah Bahasa Arab: Kenapa Suka Ngurus Agama Orang Lain?

Kata Novel, penggunaan bahasa Arab dianjurkan dalam segala ibadah umat Islam, salah satunya pernikahan.

"Bahasa Arab ini menjadi sangat penting dan pokok dalam ibadah, karena pernikahan itu ibadah. Tentu yang afdal adalah bahasa Arab," jelasnya.

Diketahui, baru-baru ini pernikahan Mutiara Annisa Baswedan dengan Ali Saleh Alhuraiby disorot lantaran melakukan akad nikah menggunakan bahasa Arab. Politikus PDIP Ruhut Sitompul menjadi salah satu orang yang menyinggung perihal tersebut.

“Baru aku ta’u yang suka ngaku-ngaku asli Jokya itu, bahasanya Bahasa Arab ha ha ha Oh ho kau ketahuan, sip deh, maturnuwun, sukron nie ye,” sindir Ruhut ke Anies, dikutip dari cuitan Twitter @ruhutsitompul.

Ruhut Singgung Akad Nikah Bahasa Arab, Novel PA 212: Tidak Ngerti Syariat Islam

Halaman: 
Penulis : Iskandar