•  

logo


Cegah Krisis Energi, Inggris Akhirnya Longgarkan Kebijakan Sanksi Anti-Rusia

Departemen Perdagangan Internasional Inggris memutuskan untuk melonggarkan sejumlah aturan sanksi anti-Rusia untuk mencegah terjadinya krisis energi

2 Agustus 2022 15:15 WIB

Big Ben, Inggris
Big Ben, Inggris istimewa

LONDON, JITUNEWS.COM - Departemen Perdagangan Internasional Inggris pada Senin (1/8) memutuskan untuk melonggarkan beberapa aturan sanksi pembatasan yang diberlakukan terhadap Rusia karena telah melancarkan serangan militer ke Ukraina. Dengan dilonggarkannya sanksi tersebut, komponen elektronik ataupun suku cadang dari negara-negara Uni Eropa dan Inggris bisa dikirim ke Rusia.

"Lisensi Umum telah direvisi untuk menghapus Peraturan 28 (layanan keuangan dan dana yang terkait dengan barang terbatas dan teknologi terbatas) dari paragraf 1(h)," kata departemendalam sebuah pernyataan singkat, dikutip RT.com.

“Ini memungkinkan penyediaan asuransi dan reasuransi kepada seseorang yang terkait dengan Rusia sehubungan dengan item dalam paragraf 1 (a), tunduk pada batasan dan ketentuan lisensi yang lebih luas,” tambahnya.


Soal Konflik Serbia-Kosovo, Rusia: Ini Sangat Berbahaya

Pembatasan, terutama dipandang sebagai alat untuk merusak perdagangan minyak Rusia, tampaknya telah ditunda karena adanya kekhawatiran jika pembatasan tersebut justru akan mengganggu stabilitas keamanan energi global.

Langkah serupa untuk melonggarkan sanksi anti-Rusia juga sudah diambil oleh Uni Eropa pada bulan lalu. Pada 21 Juli, Dewan Uni Eropa mengizinkan transaksi yang diperlukan bagi perusahaan milik negara Rusia untuk menjual minyak ke negara ketiga.

“Dengan maksud untuk menghindari potensi konsekuensi negatif bagi ketahanan pangan dan energi di seluruh dunia, Uni Eropa memutuskan untuk memperpanjang pengecualian dari larangan terlibat dalam transaksi dengan entitas milik negara tertentu sehubungan dengan transaksi produk pertanian dan pengangkutan minyak ke negara ketiga,” kata Dewan saat itu.

Joe Biden Usulkan Perjanjian Nuklir Bilateral AS-Rusia yang Baru, Begini Respons Putin

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia