logo


Kominfo Blokir Sejumlah Game Online, Giring: Menghambat Perkembangan eSports

Kominfo memblokir beberapa Penyelenggara Sistem Elektronik yang belum melakukan pendaftaran

30 Juli 2022 17:02 WIB

Giring Ganesha
Giring Ganesha instagram.com/giring

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Umum PSI, Giring Ganesha, menanggapi langkah Kementerian Kominfo yang memblokir beberapa game online yang banyak dimainkan di Indonesia. Giring menyebut pemblokiran tersebut menghambat perkembangan eSports.

“Pemblokiran yang dilakukan Kominfo hari ini menghambat perkembangan eSports di Indonesia dan mengganggu insan-insan kreatif kita yang menerima pembayaran menggunakan PayPal,” ujar Giring, Sabtu (30/7).

Kominfo sejak Sabtu 30 Juli pukul 00.00 WIB memblokir beberapa Penyelenggara Sistem Elektronik yang belum melakukan pendaftaran, di antaranya Dota, Counter Strike, Origin, dan platform distribusi game Epic dan Steam.


Pagar Tribun JIS Roboh, Grace Natalie: Duit Rp4,5 triliun Kayak Gitu Hasilnya?

Giring mengatakan bahwa eSport bukan sekadar permainan tapi sudah menjadi rezeki bagi banyak orang. Menurutnya, para atlet eSports bisa kehilangan pekerjaannya.

“eSports ini bukan sekedar permainan, tapi sudah menjadi rezeki untuk banyak orang. Ada atlet dan tim yang bisa kehilangan pekerjaannya jika Kominfo terus memblokir game-game itu,” ungkap Giring.

Giring menyebut pemblokiran platform pembayaran PayPal juga membuat pekerja kreatif kesulitan.

“Kebanyakan freelancer kita di Industri kreatif menggunakan PayPal untuk menerima pembayaran dari luar negeri. Jangan sampai ada insan kreatif yang kehilangan pendapatan di tengah perjuangan kita keluar dari krisis akibat pandemi," ujarnya.

Giring menyinggung soal perlakuan yang diterapkan Kominfo kepada Google, Meta, atau Twitter.

“Tampak sekali ada perbedaan. Kalau PSE-PSE raksasa ditunggu hingga last minute, bahkan kalau perlu tenggat waktunya diperpanjang,” kata Giring.

Menurutnya, jika Permen Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 menjadi dasar pemblokiran PSE justru merugikan industri kreatif Indonesia lebih baik direvisi.

“Tujuan Permen ini kan untuk kepentingan nasional. Kalau malah merugikan industri kreatif kita, saya usulkan untuk direvisi saja,” pungkas Giring.

Dukung Anies Baswedan Nyapres, Kader PSI Surya Tjandra: Saya Melihat Dia Bisa Kerja

Halaman: 
Penulis : Admin