logo


Bukan Hilang, Mardani H Maming Ziarah Makam Wali Songo saat Dicari KPK

Hal ini jadi alasan Mardani tak ditemukan di apartemennya.

29 Juli 2022 05:00 WIB

Ketua Apkasi yang juga Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming, usai bertemu Jokowi di Istana Bogor, Kamis (5/7/2018).
Ketua Apkasi yang juga Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming, usai bertemu Jokowi di Istana Bogor, Kamis (5/7/2018). KOMPAS.com/Ihsanuddin

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tersangka kasus dugaan suap izin tambang, Mardani H Maming memastikan dirinya tidak berupaya kabur dari pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam beberapa hari sejak ditetapkan tersangka, mantan Bupati Tanah Bumbu itu mengaku melakukan ziarah ke makam Wali Songo.

"Bukan saya hilang, tapi saya ziarah (ke makam) Wali Songo. Habis itu, balik tanggal 28 sesuai janji saya, saya hadir (pemeriksaan KPK)," ujar Mardani, Kamis (28/7).


Pagar Tribun JIS Roboh, Ruhut Ingatkan Anies Jangan Sombong

Diketahui, KPK memutuskan untuk menjemput paksa Maming pada Senin (25/7) lalu karena dua kali tak memenuhi panggilan pemeriksaan.

Upaya penjemputan itu gagal lantaran Maming tak berada di apartemennya. Setelah itu, Maming ditetapkan sebagai buron.

Sebelumnya Maming ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap izin pertambangan. Eks Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan itu diduga menerima suap lebih dari Rp104,3 miliar sepanjang 2014-2021.

Selain itu, Bendahara Umum PBNU sekaligus kader PDIP itu diduga memperoleh fasilitas mendirikan sejumlah perusahaan usai mengalihkan izin salah satu perusahaan tambang ke PT Prolindo Cipta Nusantara (PCN).

PDIP Belum Umumkan Capres, Hasto: Yang Penting Sekarang Bantu Rakyat

Halaman: 
Penulis : Iskandar