logo


Selain Menawan, Tanaman Mungil Ini Juga Tahan Panas. Siapa Dia?

Sutra Bombay berasal dari Brazil Selatan, yang notabene merupakan negara pemiliki cuaca panas yang ektrim

5 Juni 2015 14:35 WIB

Sutra Bombay
Sutra Bombay

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bunga ini memiliki keunikan karena hanya memiliki waktu mekar di pagi sekitar pukul 07.00 - 09.00 WIB dan akan kembali kuncup pada siang hari. Memiliki 2 warna bunga, yaitu magenta dan putih, membuat tanaman ini dapat mempercantik suasana di rumah Anda pada saat siang hari. Yap, tanaman ini bernama Sutra Bombay.

Tanaman hias yang memiliki nama latin Portulaca Grandiflora ini sama seperti kacang-kacangan, sutra bombay juga nyaris rata dengan rumput biasa. Selain ditanam sebagai ground cover, sutra bombay juga biasa ditanam di pot gantung, sehingga tanaman ini akan menjulur dan menggantung. Sutra bombay termasuk tanaman taman yang awet hidup, bisa sampai bertahun-tahun.

Keunggulan yang dimiliki oleh Sutra Bombay adalah sangat menoleransi panas dan kondisi yang kering, tak heran karena tanaman ini berasal dari daerah panas, tepatnya di dataran kering Brazil Selatan, Argentina Utara dan Uruguay.


7 Tips Sukses Berkebun Bunga bagi Pemula

Tanaman Sutra bombay memiliki tampilan batang yang sering bercabang mulai dari pangkal, tegak atau sebagian terletak di permukaan tanah dan basah. Portulaca bisa mencapai ketinggian hingga 15 cm dan lebar sebaran rata-rata antara 15 hingga 38 cm. Warna batangnya kemerahan, dengan daunnya berwarna hijau terang dengan permukaannya yang tebal karena banyak mengandung air.

Bunganya sering disebut mass rose (mawar lumut) dan daunnya berbentuk bulat silindris dengan panjangnya sekitar 1-3 cm. Tanaman ini mudah sekali berkembang dan perawatannya pun cukup mudah dilakukan. Tetapi, di awal penanamannya Anda tetap harus rutin menyiram. Untuk merangsang pertumbuhan, rutinlah memotong batang atas agar menumbuhkan pucuk baru. Pengembangbiakannya pun sangat mudah, karena dapat di lakukan dengan metode stek batang.

Sebagai langkah perawatan, jika ingin melakukan penyiraman, hendaknya hindari tanah terlalu lembab dan hindari siraman air hujan karena hujan mengandung zat asam. Baiknya gunakanlah air hangat.

Untuk pemberian nutrisi, pemberian pupuk cukup dilakukan dua kali dalam setahun. Tanaman Sutra bombay ternyata rentan oleh serangan hama, seperti kutu daun dan tungau laba-laba. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya tanaman ini rutin dilakukan pemeriksaan  dan diletakkan di dalam rumah kaca.

10 Tanaman Hias Langka di Dunia

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah