logo


Apa Itu Chatbot AI? Kenali Fungsi, Cara Kerja dan Rekomendasinya

Chatbot adalah teknologi robot pintar yang didesain agar dapat melakukan percakapan secara otomatis. Berikut fungsi, cara kerja dan rekomendasi.

25 Juli 2022 08:00 WIB

Chatbot
Chatbot Dok. Mekari

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Saat memesan barang melalui online baik itu marketplace, website atau bahkan melalui chat Whatsapp, pernahkah Anda menyadari bahwa Anda tengah berinteraksi dengan robot dan bukannya manusia? Teknologi chatbot adalah teknologi robot pintar yang didesain agar dapat melakukan percakapan.

Saat ini bisa dikatakan hampir semua bisnis baik UMKM hingga bisnis berskala besar sudah mengaplikasikan teknologi chatbot ke dalam fitur percakapannya. Teknologi robot pintar ini didesain agar dapat merespon percakapan yang dilakukan layaknya percakapan seperti manusia.

Chatbot menawarkan banyak keuntungan bagi perusahaan baik untuk menghemat keuangan, tenaga kerja, hingga waktu untuk melayani pertanyaan konsumen. Meskipun teknologi robot pintar untuk percakapan tidak bisa menggantikan peran manusia secara penuh, namun penggunaannya cukup efisien.


Era Industri 4.0, Ini Keunggulan Pakai Absensi Online Berbasis Android dan iOS

Mengenal Teknologi Chatbot

Chatbot merupakan robot virtual yang dilengkapi oleh teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Robot virtual ini memiliki kemampuan untuk meniru percakapan manusia berbentuk pesan suara dan juga pesan tekstual.

Robot virtual ini sekarang telah banyak diadopsi dalam berbagai aktivitas bisnis terutama sebagai pelayanan customer service untuk konsumen. Oleh karena itu teknologi chatbot atau yang lebih dikenal sebagai “bot” banyak diinstal di dalam aplikasi pesan, aplikasi mobile dan juga chat website.

Percakapan yang dilakukan menggunakan teknologi chatbot online memakai Bahasa natural atau Bahasa yang biasa digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi. Sehingga percakapan yang dihasilkan oleh robot virtual akan lebih mudah dipahami oleh manusia.

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi membuat percakapan dengan chatbot sudah memberikan pengalaman yang sama seperti berinteraksi dengan admin CS langsung. Tujuan digunakannya chatbot adalah agar bisnis dapat melayani berbagai kebutuhan pelanggan lebih cepat.

Meskipun teknologi robot pintar ini sudah dapat menirukan percakapan natural manusia berbentuk teks dan suara, namun keberadaan bot ini belum dapat menggantikan fungsi manusia seutuhnya. Hanya saja, keberadaan bot bagi bisnis mampu menunjang value bisnis dengan meningkatkan kepuasan konsumen.

Alasan Banyak Bisnis Beralih Menggunakan Chatbot

Manfaat chatbot bagi bisnis terbukti memberikan banyak keuntungan baik untuk melancarkan operasional bisnis, meningkatkan value, hingga menghemat biaya untuk menggaji tenaga customer service. Berbagai kebutuhan konsumen bisa dibantu menggunakan teknologi bot. Berikut alasan bisnis menggunakan bot:

1. Menghemat Waktu

Penggunaan teknologi robot pintar dalam percakapan sudah diakui secara luas mampu memangkas waktu yang biasa dibutuhkan bisnis dalam merespon kebutuhan konsumen.

Oleh karena itu, terdapat setidaknya lebih dari 20% konsumen di dunia yang mengatakan bahwa penggunaan bot sangat membantu mereka menghubungi bisnis. Apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi informasi membuat kemampuan robot pintar pun terus berkembang.

Kapan saja konsumen ingin menghubungi bisnis karena suatu keperluan, maka robot pintar akan langsung menyapa mereka dan memberikan pelayanan awal yang dibutuhkan. Jika pertanyaan konsumen seputar hal-hal umum yang sering ditanyakan, maka bot akan langsung menyediakan jawaban yang diperlukan.

Namun jika pertanyaan membutuhkan penanganan lebih jauh, maka bot akan langsung mengarahkan pelanggan ke customer service yang sesuai. Dengan begitu maka waktu konsumen dan customer service dapat dihemat sedemikian rupa.

2. Dapat Melayani Kapan Saja Selama 24 Jam

Penelitian menunjukkan bahwa konsumen akan cenderung segera berpindah dari satu bisnis ke bisnis lain ketika pertanyaan dan kebutuhan mereka tidak segera dilayani oleh bisnis. Oleh karena itu, kebutuhan robot pintar yang dapat melayani konsumen secara otomatis 24 jam sehari sangat diperlukan.

Robot pintar akan secara sigap melayani setiap chat yang masuk ke sistem. Meski bentuk pelayanan yang diberikan belum sempurna, tapi setidaknya konsumen akan merasa diperhatikan oleh bisnis.

3. Mengurangi Biaya yang Harus Dikeluarkan

Keuntungan penerapan aplikasi chatbot tidak hanya dirasakan oleh konsumen yang dapat dilayani kapan saja selama 24 jam penuh, namun juga pemilik bisnis. Salah satu keuntungan terbesar yang dirasakan pemilik bisnis adalah penghematan biaya untuk membayar karyawan di bidang customer service.

Pemilik bisnis tidak perlu merekrut banyak customer service untuk melayani konsumen karena sebagian tugas sudah dapat ditangani oleh robot pintar. Dengan menekan jumlah pegawai pelayanan pelanggan, maka akan ada lebih banyak biaya yang dapat dihemat.

Bahkan, penelitian oleh Forrester Consulting menunjukkan bahwa jumlah pengeluaran untuk gaji customer service dapat ditekan hingga 30% jika menerapkan layanan chatbot.

4. Meningkatkan Volume Penjualan

Siapa sangka jika teknologi chatbot juga berperan penting dalam meningkatkan volume penjualan perusahaan. Aplikasi robot pintar percakapan akan mempengaruhi reputasi perusahaan dan pada akhirnya meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Meningkatnya kepercayaan pelanggan dapat memperbesar kesempatan bisnis memperluas jaringan penjualannya dan menambah laba keuntungan. Menurut penelitian, layanan robot pintar berpotensi memberikan hasil investasi bisnis hingga 30%.

5. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan atau customer experience dapat dilihat dari berbagai macam indikator, salah satunya adalah kecepatan perusahaan dalam memberikan respon kepada konsumen.

Untuk meningkatkan kecepatan perusahaan dalam memberikan respon terhadap kebutuhan konsumen, maka penggunaan robot pintar akan sangat membantu. Bot mampu melakukan percakapan bersama konsumen secara proaktif.

Bot akan memberikan rekomendasi serta bantuan sesuai dengan yang biasa menjadi permasalahan pelanggan. Apabila bantuan dari bot dianggap belum dapat menyelesaikan masalah, maka pelanggan nantinya akan dimasukkan ke dalam daftar tunggu untuk dilayani oleh customer service.

Penjelasan Cara Kerja Chatbot

Software chatbot menyediakan solusi percakapan canggih dan juga terlokalisasi sehingga bisnis dapat segera melayani pertanyaan ataupun kebutuhan pelanggan secara real time. Secara umum, teknologi robot pintar ini dapat diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan. Berikut cara kerjanya:

1. Penyesuaian Pola

Cara kerja chatbot yang pertama adalah menggunakan teknik penyesuaian pola atau pattern matching sehingga dapat memberikan tanggapan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Teknik penyesuaian pola bekerja dengan cara memindai kata kunci yang paling sering muncul pada percakapan.

Kata kunci ini nantinya akan digunakan sebagai landasan bot pintar dalam memberikan tanggapan yang sesuai. Namun, jika pertanyaan atau masalah yang dihadapi di luar dari pola kata kunci, maka pelanggan nantinya akan dialihkan ke customer service.

2. Decision Tree Based

Decision tree based adalah salah satu algoritma kerja robot pintar yang cukup sering dijumpai dan digunakan dalam berbagai platform bot. Bot ini bekerja dengan cara memberikan beberapa opsi pertanyaan kepada konsumen di bagian awal percakapan.

Nantinya konsumen bisa memilih opsi pertanyaan yang sesuai dengan yang disediakan sistem. Jika Anda merasa cocok dengan opsi pertanyaan yang tersedia dan tidak perlu mendapat penjelasan lebih lanjut, maka konsumen tidak diarahkan untuk menghubungi customer service atau call center.

Sebaliknya, jika konsumen belum mendapat penjelasan yang memuaskan terkait kebutuhannya, maka konsumen akan diarahkan oleh robot pintar menuju antrean customer service atau menghubungi nomor call center yang tersedia.

4. Contextual

Metode contextual adalah metode yang juga digunakan dalam sistem kecerdasan buatan Machine Learning agar chatbot mampu merespon percakapan menggunakan Bahasa manusia yang alami.

Agar bot mampu merespon percakapan dengan Bahasa alami, maka dibutuhkan rancangan database yang luas sehingga robot memiliki referensi yang cukup dalam merespon berbagai bentuk pertanyaan konsumen.

Dalam menggunakan metode contextual, maka developer memerlukan perencanaan terarah dan strategis. Sebelumnya developer harus mengumpulkan data transkrip obrolan di fitur bot Whatsapp dan live chat. Jika data yang terkumpul semakin banyak, maka kemampuan bot untuk memberi respon semakin baik.

Rekomendasi Software Chatbot Berkualitas untuk Bisnis

Platform yang menyediakan layanan bot pintar saat ini memang sudah banyak, namun tidak semua berkualitas. Teknologi chatbot dari Talenta by Mekari merupakan salah satu rekomendasi software robot pintar terbaik. Berikut adalah fitur terbaik yang dimiliki oleh software bot Talenta by Mekari:

1. Bot di Seluruh Channel Bisnis

Teknologi robot pintar dapat diinstal ke seluruh channel bisnis yang diinginkan untuk membantu merespon setiap kebutuhan pelanggan.

Agar tidak terkesan kaku, bot dapat diatur menggunakan Frequently Asked Question (FAQ) supaya bot dapat langsung memberikan jawaban sesuai dengan pertanyaan yang umum ditanyakan. Siapkan pula kata kunci yang terkait dan juga alur bisnis untuk memandu konsumen.

2. Sistem Pengalihan Bot Otomatis

Pengalihan chat dari robot pintar berguna untuk melayani kebutuhan konsumen saat konsumen tidak merespon percakapan di hari yang sama atau melebihi batas waktu yang ditentukan. Nantinya percakapan tersebut akan dialihkan ke agen yang berbeda.

Agar sistem pengalihan dapat berjalan efektif, dapat dibuat menu chat intuitif yang nantinya dipilih sendiri oleh pelanggan sesuai keperluan. Atur juga kasus dan pertanyaan prioritas tinggi dari robot kea gen. Sistem pengalihan dapat diatur secara otomatis, semi otomatis dan manual.

3. Mengirimkan Notifikasi atau Pengingat Secara Otomatis

Fitur menarik berikutnya yang ada di dalam bot Talenta by Mekari adalah kemampuan untuk mengirimkan pesan pengingat atau notifikasi secara otomatis ke pelanggan. Dengan adanya fitur pengirim notifikasi ini, maka komunikasi yang dibutuhkan akan terkirim secara real time pada saat itu juga.

Pesan notifikasi ini biasanya akan dikirimkan terkait dengan batas waktu transfer uang pembayaran, notifikasi paket yang sudah dikirimkan ke kurir, hingga notifikasi meminta review barang yang dikirimkan.

4. Mengumpulkan Feedback dari Pelanggan

Chatbot juga dapat didesain agar dapat mengumpulkan feedback dari konsumen. Feedback yang dikumpulkan adalah sejenis survey kepuasan yang akan digunakan sebagai data untuk menganalisa performa pelayanan dan produk yang dijual.

Teknologi robot pintar ini juga digunakan untuk menganalisis peningkatan penjualan setiap bulannya.

5. Mengumpulkan Data Penting Pengunjung Website

Teknologi robot pintar dari Talenta by Mekari ini sudah dibekali oleh fitur penting yakni mengumpulkan data-data penting mengenai pengunjung website. Data yang dikumpulkan meliputi nomor telepon, email, produk yang paling banyak dicari, produk yang banyak disukai dan lainnya.

Kegunaan chatbot untuk membantu mengembangkan bisnis telah diakui oleh berbagai perusahaan seluruh dunia. Bahkan, menurut majalah bisnis Forbes, ada sekitar 80% pebisnis dari seluruh dunia berencana mengadopsi teknologi bot untuk meningkatkan customer experience perusahaannya.

Pastikan Anda menggunakan teknologi chatbot terbaik besutan Talenta by Mekari. Software bot Talenta didesain dengan berbagai fitur lengkap untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan juga memudahkan pekerjaan customer service. Segera kunjungi website resmi Talenta untuk informasi penawaran lengkap.

70mai Rilis Kamera Mobil Terbaru, Dash Cam Lite 2 dengan Resolusi Kamera Full HD 1080P dan Fitur Lebih Canggih

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata