•  

logo


Roy Suryo Jadi Tersangka Kasus Meme Mirip Jokowi, Fadli Zon: Hukum Sesuai Selera Saja

Fadli Zon sebut penetapan tersangka Roy Suryo menunjukkan demokrasi dan kebebasan berpendapat di Indonesia telah diberangus

22 Juli 2022 18:55 WIB

Fadli Zon
Fadli Zon Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Fadli Zon buka suara terkait penetapan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo sebagai tersangka dalam kasus unggahan meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, hal itu menunjukkan demokrasi dan kebebasan berpendapat di Indonesia telah diberangus. Ia pun menyindir bahwa hukum juga sesuai selera.

"Demokrasi dan kebebasan berekspresi diberangus, dan hukum sesuai selera saja," tulis Fadli Zon di akun Twitter pribadinya sembari menautkan pemberitaan terkait penetapan Roy Suryo sebagai tersangka, Jumat (22/7/2022).


Senang Rizieq Shihab Bebas Bersyarat, Fadli Zon: Ulama yang Punya Prinsip

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan, mengatakan bahwa mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga, Roy Suryo telah menjadi tersangka dalam kasus unggahan meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menyebut Roy Suryo dijerat dengan pasal penistaan agama.

"Pasalnya kena di UU ITE Pasal 28 ayat 2. Jadi dijerat di UU ITE Pasal 28 ayat 2 kemudian Pasal 156a KUHP dan Pasal 15 UU Nomor 1 tahun 1946," kata Kombes E Zulpan kepada wartawan, Jumat (22/7/2022).

Meski demikian, ia belum menjelaskan apa saja yang menjadi barang bukti dalam kasus tersebut.

 

 

Dijerat Pasal Penistaan Agama dalam Kasus Stupa Mirip Jokowi, Roy Suryo Langsung Ditahan?

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati