•  

logo


Siaga 98: Peradilan Adalah Tempat Mencari Kebenaran dan Keadilan atas Kasus Penembakan Brigadir J

Actus reus dan mens rea nya biarlah diuji dipersidangan, dan hakim yang menentukan

22 Juli 2022 16:08 WIB

ilustrasi hukum
ilustrasi hukum ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Siaga 98 (Simpul Aktifvis Angkatan 98) berpendapat bahwa Peradilan adalah tempat satu-satunya menemukan kebenaran dan Keadilan dalam peristiwa tewasnya Brigadir J.

Koordinator SIAGA 98, Hasanuddin menilai secara keorganisasian penanganan tewasnya Brigadir J ini tidak lazim sejak permulaan, dan oleh sebab itu perlu evaluasi secara menyeluruh dan komprehensif.

"Selain itu, semua proses saat ini yang dilakukan bertujuan menemukan kebenaran fakta dan motif untuk segera dibawa ke persidangan. Actus reus dan mens rea nya biarlah diuji dipersidangan, dan hakim yang menentukan," ujar dia di Jakarta, Jumat (22/7/2022).


Minta Hasil Autopsi Pertama Brigadir J Disampaikan ke Publik, Sahroni: Harus Ada Management Timing

Menurutnya dalam kasus ini, Kapolri Listya Sigit Prabowo tengah diuji profesionalitas sebagai penegak hukum dan managemen penanganan perkara demi tertib hukum terhadap korban dan pelaku yang sama-sama anggota Polri.

"Tugas Kapolri adalah memastikan peristiwa dan motifnya tidak di rekayasa. Hal ini sejalan dengan pernyataan Presiden Jokowi agar di buka secara transparan," tuturnya.

Di sisi lain, Siaga 98 meminta Kapolri  untuk mengumumkan penilaian terhadap Standar Operating Prosedur (SOP) penanganan perkara tewasnya Bigadir J disemua jenjang organisasi kepolisian, sebab Polres, Polda dan Mabes sudah terlibat secara keorganisasian sejak awal.

"Kami berharap tidak ada konflik kepentingan dalam penegakan hukum ini," tuturnya.

Kasus Penembakan Brigadir J, Pengamat: Ini Masalah Pribadi, Bukan Polri Secara Institusi

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar