logo


Mengenal Latar Belakang, Manfaat, Cara, Tujuan dan Kelebihan E-Tax Filing untuk Wajib Pajak

e-Filing pajak memungkinkan semua proses transaksi yang berkaitan dengan pajak dapat dilakukan secara mudah dan singkat.

20 Juli 2022 09:09 WIB

Ilustrasi Pajak Online
Ilustrasi Pajak Online Shutterstock/Vector Hot

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dengan adanya sistem e-Filing pajak, banyak dari kalangan masyarakat, khususnya wajib pajak, yang sudah menggunakan sistem tersebut.

Pajak adalah salah satu sumber pendapatan utama yang masuk di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Selain itu, pajak juga menjadi sumber tulang punggung dalam proses pembangunan Negara. Sudah lebih dari 75% pengeluaran negara dibiayai sepenuhnya oleh sumber pendapatan pajak.

Maka dari itu, pihak pemerintah saat ini gencar menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai betapa pentingnya membayar pajak. Sekarang, semua masyarakat yang ingin melaporkan pajak bisa dilakukan secara mudah dan simple.


Kemungkinan Produk Apple Alami Kenaikan Harga, Kenapa?

Tidak ada lagi dari kalangan masyarakat yang harus antri di Kantor Pelayanan Pajak untuk melakukan kegiatan transaksi pajak. Semua masalah transaksi pajak saat ini sudah bisa menggunakan bantuan e-filing pajak yang hanya membutuhkan jaringan internet saja.

Pengertian e-Filing Pajak

Melaporkan pajak di Indonesia kini mempunyai cara yang lebih mudah dan efisien. Hanya dengan menggunakan aplikasi dari e-Filing pajak semua wajib pajak sudah bisa melakukan pelaporan.

e-Filing pajak merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menyampaikan surat pemberitahuan dengan cara elektronik. Selain itu, surat tersebut bisa dilakukan secara online dan real time dari situs Direktorat Jenderal Pajak atau Klikpajak.id.

Bagi para wajib pajak, saat ini harus sudah menggunakan atau memanfaatkan sistem e-Filing. Bahkan, untuk aturan tersebut sudah diatur di dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak.

Dengan adanya e-Filing pajak online, mempunyai harapan yang sangat besar. Satu harapan besar tersebut adalah untuk mengurangi antrian yang ada di Kantor Pelayanan Pajak.

Selain itu, dengan adanya sistem e-Filing, diharapkan semua wajib pajak berbondong-bondong melaporkan pendapatan tahunan secara tertib. Adanya e-Filing pajak dijadikan sebagai salah satu transformasi dari sistem administrasi perpajakan yang ada di Indonesia.

Latar Belakang Adanya e-Filing Pajak

Semua sistem yang dibuat oleh pemerintah memang harus diperhatikan secara lebih teliti. Sehingga, dengan hal tersebut muncul cara baru di saat wajib pajak ingin melaporkan SPT secara tahunan.

Pada saat ini, proses melaporkan pajak bisa dilakukan lebih efektif dan efisien. Untuk hal tersebut bisa terjadi, karena pelaporan pajak bisa dilakukan dimana dan kapan saja.

Dengan menggunakan sistem ini, semua proses pelaporan SPT tahunan bisa dilakukan secara otomatis. Selain itu, dengan adanya e-filing pajak bisa memangkas antrian di Kantor Pelayanan Pajak.

Sebelum adanya layanan e-Filing, proses pelaporan SPT bisa dilakukan dengan cara mengular di Kantor Pelayanan Pajak. Belum lagi, untuk kertas yang digunakan pada saat pelaporan SPT membutuhkan banyak kertas.

Artinya, untuk sejumlah kertas tersebut akan terbuang sia-sia dalam aktivitas yang satu ini. Selain itu, dengan cara tersebut dianggap tidak ramah di lingkungan sekitar kalangan masyarakat.

Maka dari itu, dengan adanya permasalahan tersebut diperlukan solusi lebih nyata. Sehingga, dengan hal tersebut pihak pemerintah mengeluarkan sistem e-Filing online. Diharapkan, dengan adanya sistem tersebut bisa membantu kalangan masyarakat khususnya wajib pajak dalam melaporkan SPT tahunan.

5 Fitur Fungsional yang Dimiliki Situs Pajak Online

Halaman: 
Penulis : Iskandar