logo


Sudah Tahu Bedanya Lovebird Klep dan Non Klep?

Lovebird klep memiliki harga yang lebih mahal ketimbang yang non klep

5 Juni 2015 12:31 WIB

Lovebird klep. (Ist)
Lovebird klep. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Masih banyak pehobi yang bingung dengan definisi klep dan non klep pada lovebird. Klep adalah sebutan untuk lovebird yang memiliki lingkar mata putih, sedangkan non klep adalah sebutan untuk lovebird yang tidak memiliki lingkar putih tersebut atau tidak memiliki kacamata.

Lovebird klep memiliki harga yang lebih mahal ketimbang yang non klep, namun keuntungan memelihara lovebird non klep adalah sangat mudah dan cepat berkembang biak, karena pada usia 7 bulan burung ini sudah mulai bisa ditangkarkan.

Mengetahui perbedaan jenis dari lovebird kacamata dan non kacamata, tentu sangat mudah dilihat dari bentuk dan ukuran tubuhnya. Dan untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa perbedaannya :


Jurus Jitu Menanam Cabai dalam Polybag

  • Melihat dari lingkar mata. Lovebird acamata memiliki lingkaran mata berwarna putih yang sangat tebal, sementara untuk lovebird non klep lingkaran putih tersebut terlihat tipis (semi klep/barong) atau tidak ada sama sekali (non klep).
  • Melihat bentuk tubuhnya. Ukuran tubuh lovebird kacamata dan non kacamata pun sangat jauh berbeda, untuk ukuran tubuh lovebird kacamata biasanya bertubuh lebih kecil dibanding lovebird non kacamata yang rata rata memiliki ukuran tubuh lebh panjang dan besar dari jenis lovebird kacamata.
  • Melihat warna paruh. Rata-rata lovebird kacamata memiliki paruh berwarna merah, sedangkan lovebird non kacamata berwarna putih atau gading meski ada juga yang berwarna kuning. Namun hal ini tidak mejadi patokan karena ada juga lovebird klep atau non klep yang memiliki mutasi dengan warna paruh yang berwarna keduanya.
  • Melihat dari proses bertelur. Lovebird kacamata secara umum akan masuk masa birahi dan siap bertelur pada usia 8 bulan hingga satu tahun, sedangkan lovebird non kacamata secara umum memiliki birahi yang begitu cepat sehingga pada usia dibawah 8 bulan saja ia sudah bisa berproduksi.
  • Mendengarkan suaranya. Suara kicauan yang paling banyak disukai oleh penggemar burung di indonesia adalah dari jenis lovebird kacamata, karena suaranya yang memiliki ciri khas yaitu panjang dan cepat gacor, sehingga banyak mengundang minat untuk memelihara dan melombakannya, sedangkan untuk jenis lovebird non kacamata (non klep) hanya burung dengan warna tertentu saja yang bisa mempunyai suara kicauan yang panjang.
  • Melihat warna dari bulu-bulunya . Lovebird kacamata memiliki warna bulu dari yang standar berwarna hijau hingga yang memiliki warna yang indah dan mewah, sedangkan lovebird non klep memiliki warna yang sangat beragam sehingga mereka tidak dapat diberi nama sesuai dengan warna bulunya karena banyak variannya. Pada akhirnya sebutan nama untuk mereka adalah dengan melihat warna dominan dari mukanya saja seperti lovebird hijau muka merah, lovebird biru muka putih, dsb.

 

Cek! Ini Jurus Jitu Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana