logo


Soal Keanggotaan OPEC, 'Nasib' Indonesia Ditentukan Hari Ini

Indonesia mendapat dukungan penuh dari anggota-anggota utama OPEC untuk bergabung kembali

5 Juni 2015 12:28 WIB

Ilustrasi. (Ist)
Ilustrasi. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, melakukan kunjungan ke Wina, Austria, dalam rangka menghadiri undangan "6th International Seminar Organization of the Exporting Countries (OPEC)" yang dilaksanakan pada 3-4 Juni lalu. Kunjungan tersebut membawa misi tersendiri, yakni agar Indonesia kembali menjadi anggota OPEC.

Didampingi oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja dan Staf Khusus Menteri Widhyawan Prawiraatmadja, Sudirman mengatakan, Indonesia secara resmi berkeinginan untuk kembali bergabung ke dalam organisasi negara eksportir minyak.

Setelah melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal OPEC Abdalla Salem el-Badri dan beberapa negara utama anggota OPEC, Indonesia tinggal menunggu keputusan saja.


Infrastruktur Bandara dan Kelistrikan: Meretas Isolasi Pedalaman Provinsi Aceh

"Secara khusus, OPEC akan mengadakan rapat pada hari Jum'at, 5 Juni 2015, untuk membahas rencana Indonesia ini," kata Sudirman dalam siaran pers yang diterima redaksi, Jakarta, Jum'at (5/6).

Menurut Sudirman, Indonesia mendapat dukungan penuh dari anggota-anggota utama OPEC untuk bergabung kembali. Dukungan tersebut muncul karena Indonesia memiliki peran dalam pendirian dan pengembangan OPEC.

"Aktifnya kembali Indonesia di OPEC dan pertemuan bilateral dengan berbagai negara membuka kembali peluang kerjasama dan dukungan dari negara-negara anggota OPEC dalam penguatan kedaulatan energi. Kesempatan dukungan ini sempat tertunda selama beberapa tahun sejak kita menyatakan ketidakaktifan dalam OPEC," lanjutnya.

Seperti diketahui, Indonesia secara resmi keluar dari OPEC sejak 2009 lalu. Hal itu dilakukan karena Indonesia saat itu telah menjadi negara importir minyak.

Pantau Pasokan Listrik, Jonan Pastikan Pemilu Tak Ada Gangguan

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin