logo


Timbun Minyak, Tiongkok Sewa Kapal 'Raksasa'

Tiongkok merogoh koceknya hingga sebesar US$ 40.000 per hari untuk menyewa kapal raksasa tersebut

5 Juni 2015 11:17 WIB

Tiongkok membeli dan menyimpan ratusan juta barel minyak di puluhan kapal tankernya. (Ist)
Tiongkok membeli dan menyimpan ratusan juta barel minyak di puluhan kapal tankernya. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di tengah turunnya harga minyak dunia, Tiongkok malah membeli dan menyimpan ratusan juta barel minyak di puluhan kapal tankernya. Hal itu dilakukan, agar Tiongkok memiliki cadangan minyak.

"Mereka (China) sudah membangun cadangan strategis sekitar 500 juta barel, hampir sama dengan kapasitas cadangan minyak Amerika Serikat sebesar 700-800 juta barel," ujar Jeff Brown, selaku Konsultan Energi FGE di Singapura, Jumat (5/6).

Saat ini, harga minyak turun menjadi US$ 50-60 per barel dari sebelumnya berada di atas US$ 100 per barel di tahun lalu. Turunnya harga minyak tersebut itu pun dimanfaatkan oleh Tiongkok untuk memborongnya. "Mereka membeli minyak ketika harga sedang murah," pungkas Jeff.


Pertamina Gandeng Perusahaan Oman untuk Bangun Kilang di Bontang

Meskipun sebelumnya Tiongkok telah memiliki pasokan minyak mentah di beberapa tangkinya, namun negara tersebut terus menambah stok minyaknya di kapal-kapal tanker. Hal itu bisa dilihat dari disewanya kapal besar yang dapat menyimpan minyak sebanyak 3 juta barel.

Berdasarkan isu yang beredar, Tiongkok merogoh koceknya hingga sebesar US$ 40.000 per hari untuk menyewa kapal 'raksasa' tersebut.

Pertamina Bangun Kilang Bontang Senilai Rp 130 T

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin